Advertisement

FAKTA Final Sea Games 2023 Indonesia vs Thailand, Mulai dari Prank Wasit hingga Hujan Kartu Merah

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 17 Mei 2023 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
FAKTA Final Sea Games 2023 Indonesia vs Thailand, Mulai dari Prank Wasit hingga Hujan Kartu Merah Fakta Final Sea Games 2023 Indonesia vs Thailand: Prank Wasit hingga Hujan Kartu Merah. Timnas U-22 Indonesia di Sea Games 2023 - Twitter @jokowi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas Sea Games 2023 di Kamboja setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2. 

Tim asuhan Indra Sjafri ini menutup perolehan pundi-pundi medali kontingen Indonesia yakni 87 emas, 80 perak dan 109 medali perunggu.

Advertisement

Tangis bahagia dan sujud syukur seluruh pemain dan ofisial timnas Indonesia didapatkan dengan berdarah-darah. Laga sengit melawan raksasa sepakbola Asean, Thailand di partai final berlangsung sengit dan keras.

Hujan kartu merah hingga kericuhan mewarnai pertandingan di Olympic Stadium Kamboja.

BACA JUGA: Berdiri di Atas Tanah Kas Desa, Satpol PP DIY Segel Perumahan Kandara Village

Berikut ini adalah fakta menarik final Indonesia vs Thailand di Sea Games 2023:

1. Hujan Kartu Merah

Dalam pertandingan final Sea Games 2023 antara Indonesia dan Thailand, wasit Matar Ali Al Hatmi mengeluarkan 7 kartu merah dan 16 kartu kuning.

Dalam pertandingan 120 menit yang berlangsung panas ini, wasit mengganjar 3 kartu kuning untuk timnas Thailand yakni Soponwit Rakyart, Jonathan Khemde, dan Teerasak Poeiphimai. Sementara itu, 2 kartu merah mendarat untuk dua ofisial Thailand yang terlibat kericuhan.

Wasit Al Hatmi juga mengganjar 2 kartu merah masing-masing kepada Timnas Indonesia yakni Komang Teguh dan seorang ofisial timnas.

2. Prank Peluit Wasit

Wasit menberikan waktu perpanjangan 6 menit pada babak kedua final Sea Games 2023 antara Indonesia dan Thailand. Hingga pada menit 90+6', Indonesia masih unggul dengan skor 2-1.

Melihat waktu yang sudah habis, ditambah wasit sudah meniup peluit, seluruh ofisial hingga pemain Indonesia berlari melakukan selebrasi kemenangan. Sayangnya, wasit hanya meniup peluit satu kali yang artinya pertandingan masih berlanjut dengan bola dipegang timnas Thailand.

Seakan belum sadar bahwa pertandingan masih berlangsung, pemain Thailand, Burapha menceploskan bola ke gawang Ernando Ari sehingga skor menjadi 2-2.

Prank tersebut pun menjadi kontroversi mengingat gol Thailand terjadi di menit 90+7' atau di luar waktu perpanjangan yang diberikan wasit. Akhirnya, Timnas Indonesia harus menunda perayaan kemenangannya saat itu.

3. Manajer Timnas Indonesia dipukuli!

Laga final antara Timnas Sepak Bola Indonesia dan Thailand di Sea Games 2023 diwarnai kericuhan pada babak tambahan pertama atau usai Garuda mencetak gol ketiga.

Manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji menjadi salah satu korban dalam fraksi antara kedua ofisial dan beberapa pemain. Kericuhan berawal dari selebrasi ofisial timnas Indonesia atas gol Irfan Jauhari pada masa awal babak tambahan pertama. Selebrasi tersebut diduga menyulut emosi ofisial timnas Thailand sehingga menyerang ofisial dan pemain timnas Indonesia.

Akibatnya, wasit memberikan sejumlah kartu merah kepada pemain dan ofisial kedua tim. Wajah Sumardji pun tampak memar dan terluka usai kericuhan itu dan langsung dipapah ke pinggir lapangan

4. Penantian 32 Tahun

Kemenangan di laga final Sea Games 2023 melawan Thailand menyudahi puasa medali emas timnas sepakbola Indonesia di ajang olahgara terakbar di Asean tersebut.

Terakhir, Timnas Garuda memperoleh medali emas Sea Games pada 1991 di Filipina. Uniknya, lawannya saat itu adalah Thailand. Indonesia menyudahi laga final dengan skor 4-3 melalui drama adu penalti.

Sumber: bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement