Advertisement

Demokrat Tafsirkan Pidato Jokowi Terkait Kriteria Capres Sesuai dengan Sosok Anies

Surya Dua Artha Simanjuntak
Senin, 15 Mei 2023 - 15:37 WIB
Sunartono
Demokrat Tafsirkan Pidato Jokowi Terkait Kriteria Capres Sesuai dengan Sosok Anies Presiden Joko Widodo berbicara dalam KTT Asean 2023 di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Rabu (11/5/2023). Foto: BPMI Setpres - Laily Rachev

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Partai Demokrat merasa Presiden Joko Widodo (Jokowi) diam-diam mendukung Anies Baswedan maju sebagai calon presiden (capres). Demokrat menilai kriteria pemimpin versi Jokowi sesuai dengan Anies.

Saat menyampaikan pidato di acara puncak Musyawarah Rakyat (Musra), Jokowi mengungkapkan pemimpin negara harus berani dan dekat dengan rakyat.

Advertisement

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Putra Mahendra berpendapat, kriteria yang disampaikan Jokowi itu sangat cocok dengan capres usungan partainya yaitu Anies. Oleh sebab itu, dia curiga Jokowi ternyata mendukung Anies.

BACA JUGA : Jokowi Terima Tiga Nama Capres Hasil Musyawarah

"Menilik dari kriteria yang diusulkan Pak Joko Widodo itu, kami malah kepikiran ini, memangnya sejak kapan Pak Joko Widodo mengendorse Mas Anies juga? Soalnya, kriteria itu Mas Anies banget," ujar Herzaky saat dihubungi, Senin (15/5/2023).

Dia mengapresiasi Jokowi turut menstimulus diskusi serta perbincangan mengenai kriteria ideal pemimpin di ruang publik. Menurutnya, itu baik untuk demokrasi Indonesia.

"Ini bagian dari masukan yang beliau sampaikan untuk menjadi salah satu pertimbangan publik. Jika ada yang merasa pas, silakan. Jika tidak, bebas-bebas saja menentukan kriteria lain," jelasnya.

BACA JUGA : Presiden Endorse Capres Cawapres, Demokrat

Meski begitu, lanjutnya, preferensi kriteria pemimpin Jokowi tak harus jadi pegangan semua pihak. Herzaky mengklaim, Demokrat lebih memperhatikan masukan dari masyarakat.

Dia pun ingin agar Jokowi tetap netral jelang Pilpres 2024. Seorang presiden, menurutnya, tak boleh menyatakan dukungan ke salah satu capres.

"Kami sendiri lebih fokus pada apa yang menjadi aspirasi dan harapan rakyat. Bukan endorse-endorse dari Presiden. Presiden kami harapkan menjaga netralitasnya. Beliau baiknya fokus jaga dan pastikan Pemilu 2024 berjalan demokratis, tanpa intervensi, tanpa intimidasi, tanpa kecurangan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement