Advertisement

Viral Video RUPS Adaro Diprotes Aktivis Greenpeace, Akun Instagram Lenyap

Hesti Puji Lestari
Senin, 15 Mei 2023 - 14:27 WIB
Sunartono
Viral Video RUPS Adaro Diprotes Aktivis Greenpeace, Akun Instagram Lenyap Kronologi ribut-ribu Adaro. - JIBI/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Akun Instagram PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) lenyap atau masih tidak dapat diakses hingga hari ini, Senin (15/5/2023). Akun tersebut sempat dibanjiri komentar warganet usai aksi aktivis di rapat umum pemegang saham atau RUPS ADRO.

Viralnya Adaro dimulai pada tanggal 11 Mei 2023 yang lalu. Saat itu, RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) Adaro yang dilaksanakan di Jakarta diwarnai aksi protes. Dari video yang viral, ada dua orang yang tiba-tiba berteriak sambil membentangkan poster dan spanduk bertema protes atas rencana Adaro.

Advertisement

"Stop pembangunan PLTU batu bara baru!" teriak pria dalam video tersebut kepada para peserta RUPS.

BACA JUGA : Pecah Rekor! Adaro (ADRO) Bagi Dividen Sekitar Rp9,3

Semua orang yang mengikuti RUPS di ruangan tersebut kaget. Dua pria tersebut lantas digiring keluar oleh sejumlah orang untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Dilansir dari Antara, dua pria tersebut merupakan juru kampanye energi Greenpeace Indonesia.

Greenpeace pun tak menampik dan memberikan komentar tentang dua aktivis mereka yang menyusup ke RUPS Adaro tersebut. Dilansir dari instagram greenpeaceid, aktivis ini menyoroti rencana pembangunan PLTU baru di Kalimantan Utara.

Menurut mereka, alih-alih melakukan transisi energi, Adaro justru melenggangkan penggunaan energi batu bara untuk membangun PLTU baru guna menyuplai pembangunan smelter alumunium baru.

Klarifikasi Adaro Tim Corporate Communication PT Adaro Energy Indonesia Tbk buka suara setelah insiden di RUPS 11 Mei 2023 lalu itu viral. Dalam keterangannya, Adaro menjelaskan jika mereka adalah perusahaan publik yang berkomitmen untuk menjalankan ESG (enviromental, social, and governance).

"Adaro menghargai kebebasan setiap orang untuk mengemukakan pendapatnya namun sangat disayangkan bahwa pihak-pihak tersebut menyampaikan pertanyaan/pendapatnya tidak sesuai dengan tata tertib yang telah disampaikan dan juga tidak ada kaitannya dengan mata acara rapat," tulis Adaro.

BACA JUGA : Pasar Batu Bara Membaik, Profit Adaro Energy Meningkat

Pihak Adaro menjelaskan, sejalan dengan transisi menuju ekonomi hijau dengan pembangunan energi baru terbarukan yang tengah digencarkan oleh Pemerintah. Adaro berkomitmen untuk berkontribusi dengan mengembangkan kegiatan usahanya di bidang mineral hijau dan energi terbarukan. Instagram Lenyap Sejak insiden tersebut, sejumlah warganet mulai menyoroti Adaro.

Bahkan, beberapa di antara mereka mulai membanjiri kolom komentar di Instagram perusahaan tersebut. Warganet memberikan komentar di unggahan-unggahan ADRO dengan kalimat bernada penolakan terhadap energi kotor atau emisi karbon, juga seruan transisi menuju energi bersih.

Dari pantauan JIBI.Bisnis, hingga Senin 15 Mei 2023 pukul 12.15, Instagram Adaro belum bisa diakses. Pihak ADRO menyatakan bahwa akun Instagram @adaroenergy merupakan salah satu kanal penyampaian keterbukaan informasi kepada publik dan pemegang saham. Mereka menyampaikan permohonan maaf atas tidak bisa diaksesnya akun Instagram tersebut.

"Kami masih terus berkoordinasi pihak-pihak berwenang, agar kanal resmi perusahaan dapat kembali diakses dan sekaligus untuk menempuh langkah-langkah lebih lanjut sesuai peraturan yang berlaku," dikutip pada Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement