Advertisement

Semangka Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Cek Apa Saja

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 29 April 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Semangka Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Cek Apa Saja Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -Semangka, buah dengan kandungan air yang banyak serta rasa manis menyegarkan ini banyak disuka orang. Selain menyegarkan, manfaatnya banyak.

Buah semangka juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini kaya akan nutrisi, termasuk antioksidan dan vitamin A dan C. Semangka adalah sumber antioksidan dan nutrisi yang baik. Selain mendukung hidrasi, semangka juga dapat meningkatkan berbagai aspek kesehatan dan mencegah kondisi kesehatan tertentu.

Advertisement

Dilansir dari Healthline, simak manfaat buah semangka bagi kesehatan:

1. Membantu Anda tetap terhidrasi

Sangat penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi, terutama di musim panas ini. Mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu memberikan tubuh Anda air yang dibutuhkan agar dapat berfungsi dengan baik. 

Semangka terdiri dari 92 persen air sehingga dapat menjadi pilihan konsumsi yang tepat sebagai asupan air harian.  Mengonsumsi makanan dengan kalori yang rendah seperti semangka dapat membantu menjaga berat badan dengan  membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

2. Dilengkapi dengan nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat

Dalam semangka terdapat berbagai macam nutrisi, termasuk kalium, magnesium, serta vitamin A dan C. Selain itu, kandungan kalorinya juga relatif rendah, yaitu hanya 46 kalori per cangkir (152 gram). 

BACA JUGA: Bule Ludahi Imam Masjid di Bandung, Polisi Bertindak

Tak hanya itu, semangka juga kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C, karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E. Senyawa-senyawa ini membantu mengatasi radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel Anda jika terakumulasi di dalam tubuh Anda.  Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. 

3. Kemungkinan memiliki efek antikanker

Sejumlah senyawa tanaman yang ditemukan dalam semangka, termasuk likopen dan cucurbitacin E, memiliki kemungkinan efek antikanker. Asupan likopen memiliki kaitan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kolorektal. Selain itu, cucurbitacin E dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor dengan mendorong autophagy sel kanker. 

4. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Adanya likopen dan citrulline yang terkandung dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

5. Dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Semangka mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan yang mana kadarnya yang tinggi terkait dengan berbagai penyakit. Kombinasi antioksidan, likopen, dan vitamin C yang ada pada semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif. 

6. Dapat membantu mencegah degenerasi makula

Likopen yang terkandung dalam semangka dapat membantu mencegah Age-related Macular Degeneration (AMD) karena adanya sifat antioksidan dan anti-inflamasi. AMD adalah masalah mata yang umum terjadi dan dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua. 

7. Dapat meredakan nyeri otot

Citrulline, asam amino yang ditemukan dalam semangka dapat meningkatkan kinerja olahraga dan mengurangi nyeri otot. Adapun penelitian yang menemukan bahwa asupan citrulline secara teratur selama setidaknya 7 hari meningkatkan kinerja aerobik dengan meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung Anda tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

8. Dapat membantu kesehatan kulit

Adapun kandungan vitamin A dan C yang ditemukan dalam semangka bermanfaat untuk  kesehatan kulit. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan vitamin C dapat mengurangi kemungkinan Anda mengalami keriput dan kulit kering. Adapun vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit Anda karena dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit. 

9. Dapat melancarkan pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat yang dapat membantu kesehatan pencernaan Anda. Serat membantu menjaga buang air besar Anda tetap teratur, sedangkan air membantu menggerakkan limbah melalui saluran pencernaan Anda secara lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KAI Wisata Layani 45.813 Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement