Advertisement

Begini Cara Melindungi Kulit dari Suhu Panas Ekstrem dan Tingkat UV Tinggi

Alifian Asmaaysi
Senin, 24 April 2023 - 14:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Begini Cara Melindungi Kulit dari Suhu Panas Ekstrem dan Tingkat UV Tinggi Cuaca panas - themetrognome.in

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Saat siang hari, sejumlah wilayah Indonesia terdapat indeks ultraviolet (UV) tinggi. Berdasarkan paparan dari BMKG, indeks UV tinggi terindikasi mulai muncul pukul 08.00 di sebagian wilayah timur Indonesia.

Sementara, puncak indeks UV tertinggi berlangsung pukul 11.00 hingga 12.00 WIB. Indeks UV akan menurun mulai pukul 14.00 WIB dan hilang sepenuhnya di seluruh wilayah Indonesia pada pukul 17.00 WIB.

Advertisement

Sebagai informasi, paparan sinar UV secara langsung dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburn), kulit kemerahan, nyeri, perih, melepuh, dan bengkak.

Untuk mengurangi efek negatif dari paparan sinar UV, BMKG mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

"Tetap di tempat teduh pada saat matahari terik di siang hari. Kenakan pakaian pelindung matahari, topi lebar, dan kacamata hitam yang menghindari sinar UV pada saat berada di luar ruangan," tulis BMKG, dikutip Senin (24/4/2023).

Di samping itu, masyarakat juga diimbau untuk rutin mengaplikasikan tabir surya (sunscreen) dengan kandungan minimal SPF 30+ setiap 2 jam meskipun cuaca sedang berawan.

Lebih lanjut, BMKG juga mengatakan bahwa permukaan yang cerah seperti pasir dan air akan mudah meningkatkan sinar UV. Oleh karena itu, hindari berlibur lebaran ke pantai pada waktu indeks UV tinggi berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo: Pengajuan Pencairan Uang Ganti Rugi Ditarget Akhir 2024

Jogja
| Jum'at, 19 Juli 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement