Advertisement

Spot Camping Hits di Jogja, Pemudik Wajib Coba!

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 23 April 2023 - 06:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Spot Camping Hits di Jogja, Pemudik Wajib Coba! Ilustrasi camping di alam - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menginap di hotel sudah biasa. Anda perlu menjajal keseruan menginap dengan tenda alias camping di Jogja. 

Banyak lokasi yang menawarkan camping ground. Anda bisa memilih apakah di area pegunungan, pantai, atau di perbukitan. Mumpung libur Lebaran belum berakhir, sensasi tidur di bawah tenda seperti ini perlu Anda rasakan.

Advertisement

Dilansir dari berbagai sumber, ini lokasi camping ground hits di Jogja yang bisa Anda pilih:

1. Camping Mewah di Pegunungan

Bagi Anda yang ingin menikmati camping di area pegunungan, Melcosh Glamcamp bisa menjadi pilihan. Area camping ini berada di belakang Melcosh Cafe yang beralamat di Jalan Kaliurang Km.23 Hargobinangun, Pakem, Sleman atau tepatnya sebelum pintu gerbang Objek Wisata Kaliurang. 

Melcosh Glamcamp memiliki camping ground luas. Sesuai namanya yaitu glamcamp, fasilitas kemah di tempat ini berstandar hotel. Tidak perlu repot-repot membawa alat camping, pengunjung tinggal datang dan menikmati fasilitas camping yang sudah disediakan pengelola.

Baca juga: Liburan, Ini Rekomendasi 2 Tempat Wisata Baru di Jogja yang Bisa Anda Kunjungi

Ada camping dengan kelas deluxe, superior, dan standar yang bisa Anda pilih. Dan yang menjadi ciri khas dari Melcosh Glamcamp adalah tendanya yang bergaya bohemian. Di dalamnya tersedia fasilitas bed, selimut, hingga pencahayaan. Saat malam tiba, pengelola menyediakan fasilitas api unggun, lengkap dengan sajian barbequenya. 

Area ini juga menyajikan pemandangan Gunung Merapi, serta keasrian Kali Kuning yang berada di sisi timur. Embung kecil yang langsung berhadapan dengan tenda juga memberi kesejukan tersendiri bagi pengunjung. 

Anda bisa menikmati sensasi camping mewah ini dengan herga Rp850.000 untuk 4 orang. Harga tersebut adalah kategori deluxe familiy package. Lebih lengkapnya, silakan kunjungi Instagram @melcosh.glamcamp.

2. Camping Seru di Tepian Waduk

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati sensasi kemah dengan menghadap hamparan air, lokasi camping di Waduk Sermo Kulonprogo bisa menjadi pilihan. Di sini, Anda bisa membawa sendiri peralatan kemah dan menikmati suasana kemah ala anak gunung. 

Lokasi perkemahan Waduk Sermo ini semakin menarik saat musim kemarau. Sebab, air waduk akan turun dan pulau-pulau kecil di tengah waduk akan muncul. Di situlah, Anda bisa menggelar tenda untuk diinapi semalam bersama teman maupun keluarga. 

Menurut berbagai sumber yang diterima Harianjogja.com, Anda cukup membayar Rp15.000 untuk camping di tempat ini. Namun, semua peralatan seperti tenda, alas, sleeping bed, lampu, hingga bekal makanan harus membawa sendiri. 

Tak perlu khawatir, lokasi perkemahan berdekatan dengan warung sehingga bagi Anda yang merasa lapar tengah malam, Anda bisa berjalan untuk membeli pengganjal perut di tempat itu. 

Pada masa pandemi ini, tidak semua penunjung bisa menikmati camping di tempat ini. Sementara, area camping hanya dikhususkan untuk warga ber-KTP DIY. 

Dari foto-foto yang diunggah akun Instagram @campingjogja, Anda bisa menikmati suasana senja hingga fajar di lokasi perkemahan Waduk Sermo ini. Selamat menikmati.

3. Camping di Perbukitan Bantul

Camping di area perbukitan juga tak kalah seru. Di Bantul, ada lokasi kemah yaitu di Tebing Watu Mabur, Dusun Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul. Anda cukup merogok kocek sekitar Rp10.000 untuk memasuki area ini. 

Pemandangan hamparan bukit dengan awan putih di tengah-tengahnya bisa jadi bonus Anda di pagi hari saat bermalam di area ini. 

Dari foto-foto yang diunggah Instagram, @bantulcampingfun, tampak keindahan suasana sunrise dan sunset yang memanjakan mata. Kabut di pagi hari juga menjadi objek foto yang bisa Anda pilih. 

4. Camping Pantai di Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul dikenal memiliki banyak pantai yang indah. Beberapa pantai juga dibuka bagi pengunjung yang ingin berkemah. 

Bagi Anda yang ingin bermalam, Bukit Kosakora bisa menjadi pilihan Anda untuk mendirikan tenda. 

Akun Instagram @indoflashlightyogyakarta membagikan keseruannya camping di Kosakora. "Bukit Kosakora memang sangat memesona, apa lagi kawasan ini kerap dijadikan tempat camping ceria. Menuju bukit ini Sobat akan berjalan kaki melewati ladang warga sekitar 700 meter dari parkiran, terlebih dahulu Sobat akan melewati Pantai Ngrumput yang berada persis di bawah Puncak Kosakora. Mengenai pemandangannya memang tidak diragukan lagi, sunset cantik bisa dinikmati dari kawasan ini ditambah pantainya yang bersih. Monggo dijadikan list," tulisnya. 

Nah, masih banyak tempat di Jogja yang bisa menjadi lokasi perkemahan. Namun, sebelum memutuskan untuk berkemah, sebaiknya Anda mencari informasi terbaru dari lokasi perkemahan tersebut. Sebab, belum semua lokasi perkemahan beroperasi pada masa pandemi ini. 

Selamat berlibur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Bawang Merah Anjlok, Petani Bantul Terbantu Sistem Elektrifikasi

Bantul
| Sabtu, 20 Juli 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement