Advertisement

Ribuan Pemudik Pakai Motor Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Newswire
Minggu, 16 April 2023 - 18:17 WIB
Sunartono
Ribuan Pemudik Pakai Motor Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Pemudik menggunakan motor tiba di Tanjung Emas Semarang, Minggu (16/4/2023). - Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Sebanyak 1.100 pemudik bersama sekitar 500 sepeda motornya yang diangkut dengan menggunakan KM Dobonsolo dalam program mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Minggu (16/4/2023) pagi.

Para pemudik bermotor tersebut berangkat dari Jakarta pada Sabtu (15/4) dengan diangkut kapal milik PT Pelni. Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani mengatakan terdapat dua perjalanan kapal mudik gratis pengangkut pemudik bersepeda motor dari Jakarta ke Semarang.

Advertisement

Ia mengatakan pada perjalanan pertama mudik gratis dengan kapal laut ini baru sekitar 50 persen kapasitas kapal yang terisi. Menurut dia, KM Dobonsolo akan kembali ke Jakarta guna mengangkut pemudik bersepeda motor dengan tujuan Semarang untuk perjalanan yang kedua.

"Untuk trip kedua pada lusa, sudah terdaftar 2.500 penumpang dengan 1.250 sepeda motor," katanya.

KM Dobonsolo, lanjut dia, juga akan mengangkut pemudik bersepeda motor pada saat arus balik mendatang. Oleh karena itu, ia mengharapkan sosialisasi terhadap pelaksanaan mudik gratis dengan kapal laut tersebut agar okupansi kapal bisa maksimal.

Selain itu, lanjut dia, mudik dengan kapal laut ini akan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalur-jalur arteri serta menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Andayani juga memastikan layanan gratis bagi para penumpang, mulai dari pemberian makan sahur dan buka puasa, hingga BBM sebanyak 1 liter untuk membantu para pemudik mencapai SPBU terdekat usai turun di Semarang.

"Sesuai syarat saat akan berlayar, isi BBM sepeda motor maksimal setengah dari isi tangki," katanya.

Usai mengantre untuk sepeda motor yang diturunkan petugas dari atas kapal, para pemudik kemudian melanjutkan perjalanannya ke kampung halamannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Waisak, Berikut Jadwal Lengkap KA Bandara Jogja Kamis 23 Mei 2024

Jogja
| Kamis, 23 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement