Advertisement

THR Cair, Jangan Lupa Lunasi Utang

Pernita Hestin Untari
Minggu, 16 April 2023 - 14:07 WIB
Jumali
THR Cair, Jangan Lupa Lunasi Utang Ilustrasi uang. - Bisnis/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Masyarakat memerlukan perencanaan keuangan yang baik saat Ramadan dan Lebaran. Saat momen ini, kerap kali banyak uang yang harus dikeluarkan untuk buka bersama, membeli baju baru, hingga mudik.

Menjelang Lebaran umumnya pekerja akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Lalu bagaimana cara mengelola THR dengan bijak supaya keuangan tetap sehat setelah Lebaran?

Advertisement

BACA JUGA: THR PNS Sudah Cair

Head of Research and Advisory Bank Commonwealth Thadly Chandra mengatakan dengan pengelolaan yang baik, manfaat THR dapat dinikmati bukan hanya pada saat Lebaran, tetapi juga dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan bahkan setelah selesai perayaan Lebaran.

Menurutnya masyarakat dapat menggunakan tips alokasi THR 10-20-60-10, yaitu 10 persen untuk membayar zakat, 20 persen untuk tabungan dan investasi, 40 persen hingga 60 persen untuk kebutuhan hari raya dan membayar utang atau cicilan, dan 10 persen untuk dana darurat.

Tips Jitu Mengelola THR

1. Membuat Pos Pengeluaran

Pertama masyarakat perlu membuat pos pengeluaran keperluan hari raya, seperti mudik, belanja kebutuhan pokok, dan memberi amplop untuk keluarga besar. Idealnya, alokasi untuk keperluan hari raya paling besar 60 persen dari THR.

2. Zakat dan Sedekah

Bagi pekerja yang beragama Islam, tidak ada salahnya untuk memenuhi kewajiban membayar zakat. Serta memberikan sedekah untuk yang berhak menerimanya. Alokasinya 10 persen dari THR.

3. Sisihkan untuk Tabungan dan Investasi

Sisihkan THR untuk tabungan dan investasi untuk kebutuhan masa depan, dengan alokasi 20 persen dari THR.


3. Lunasi Utang dengan THR

Supaya utang tidak menumpuk dan menambah beban finansial, utamakan THR untuk melunasi atau mencicil utang terlebih dahulu.

4. Jangan Lupakan Dana Darurat

Terakhir, sisihkan dana darurat dengan alokasi 10 persen dari THR. Berbeda dengan tabungan yang memiliki goal tertentu, dana darurat dapat disimpan untuk keadaan tak terduga seperti kecelakaan, kerusakan rumah, atau kehilangan pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement