Advertisement

HUT ke-1117 Kota Magelang, DPRD Dorong Peningkatan Pelayanan Publik

Media Digital
Senin, 10 April 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
HUT ke-1117 Kota Magelang, DPRD Dorong Peningkatan Pelayanan Publik Pimpinan DPRD Kota Magelang. - Istimewa

Advertisement

KOTA MAGELANG—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Magelang mengucapkan selamat Hari Jadi ke-1117 Kota Magelang.

Ketua dan para pimpinan fraksi DPRD mengapresiasi capaian pembangunan Kota Magelang saat ini, serta mengingatkan untuk evaluasi program-program untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Advertisement

Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno mengapresiasi capaian pembangunan pada 2022 yaitu terkait dengan penyerapan anggaran yang sudah maksimal.

Hal ini berarti program-program yang sudah direncanakan oleh Pemerintah Kota Magelang dilaksanakan dengan baik.

"Penyerapan anggaran 2022 sudah bagus, artinya apa? Semua yang sudah direncanakan dan dianggarkan, sudah dilaksanakan dan dieksekusi dengan baik. Hanya impact indikatornya nanti diketahui setelah LKPJ, nanti kalau sudah jalan. Tetapi penyerapan anggaran artinya semua bekerja dengan baik tidak ada yang sisa," kata Budi Prayitno, Kamis (6/4).

Lebih lanjut, anggota Fraksi PDI Perjuangan ini berpesan agar dalam programnya, Pemerintah Kota Magelang lebih banyak bertujuan untuk kepentingan masyarakat, apalagi saat ini pembatasan kegiatan sudah dibuka, sehingga bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.

Pembangunan

Ketua Komisi A DPRD Kota Magelang, Iwan Soeradmoko mengatakan Kota Magelang telah memiliki perencanaan pembangunan yang baik, terlihat dari infrastruktur wilayah yang saat ini dalam kondisi bagus. Hal itu menunjukkan bahwa pembangunan dilaksanakan secara berkesinambungan.

Sebagai kota yang memiliki keterbatasan sumber daya alam, maka perlu inovasi dan kreativitas dalam membuat program-program pembangunan daerah.

"Di usia yang semakin tua, Kota Magelang perlu semakin bersolek, agar seperti semboyan Small is Beautifull. Pembangunan berkesinambungan tidak hanya fisik tetapi pembangunan mental dan karakter manusianya perlu dibuat perencanaan jangka panjang sebab pembangunan karakter tidak bisa terlihat langsung hasilnya tetapi perlu waktu dua hingga tiga tahun," kata legislator yang juga menjabat Sekretaris Fraksi PDIP tersebut.

Di bidang ekonomi, Ketua Komisi B DPRD Kota Magelang, Kevin Mahesa Amuwardhani mengungkapkan setelah tiga tahun pandemi, pertumbuhan ekonomi Kota Magelang menunjukkan tren positif.

Dia berharap dengan semangat Hari Jadi Kota Magelang ini, UMKM di Kota Magelang lebih maju sehingga perekonomian tumbuh dari tingkat terbawah.

"Kami juga mendorong mitra kerja kami, BUMD seperti Bank Magelang, PDAM dan TKL Ecopark yang sedang beranjak pulih pascapandemi agar berinovasi program dan pelayanan untuk menggenjot pendapatan daerah," katanya.

Infrastruktur

Adapun Ketua Komisi C DPRD Kota Magelang, Evin Septa Haryanto Kamil mengapresiasi pembangunan di bidang yang ditangani Komisi C yaitu pendidikan, infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat sudah menunjukkan hasil yang baik.

"Infrastruktur sudah sangat baik, perlu kita jaga. Kesejahteraan masyarakat menjadi PR yang terus kami bawa. Angka kemiskinan dan pengangguran menjadi target untuk terus ditekan. Program Wali Kota Magelang mengikuti roadmap dari Pusat jadi sudah cukup tepat, tetapi perlu dievaluasi. Titik tekan ke SDM bagus tinggal konsistensi program, inovasi dan evaluasi," kata anggota Fraksi PDIP tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement