Advertisement

Tegas! Menhub Minta Polisi Hentikan Bus Belum Ramp Check saat Mudik Lebaran 2023

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Senin, 10 April 2023 - 10:47 WIB
Sunartono
Tegas! Menhub Minta Polisi Hentikan Bus Belum Ramp Check saat Mudik Lebaran 2023 Calon penumpang membeli tiket bus antarkota antar provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis - Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta petugas Kepolisian yang bertugas di lapangan agar menghentikan di tempat terhadap bus yang tak laik jalan dan belum melakukan ramp check selama mudik Lebaran 2023.

Budi Karya menegaskan penegakkan hukum di lapangan harus dilakukan jika ditemukan kendaraan yang tidak laik dan melanggar syarat yang ditentukan. "Jadi, kalau ada bus-bus yang kedapatan belum di-ramp check, akan diberhentikan di tempat itu juga, ganti busnya," kata Budi Karya, Minggu (9/4/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Lolos Ramp Check, Kendaraan Umum Dipasangi Stiker

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan mengingat jumlah pemudik menggunakan bus di tahun ini diprediksi meningkat. Berdasarkan data penjualan tiket saat ini, keberangkatan menuju wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai ada kenaikan 30 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Selain bus umum, bus pariwisata juga perlu menjadi perhatian. Pasalnya, menurut data kepolisian, kecelakaan darat terbanyak terjadi berasal dari bus pariwisata karena masih banyak yang tidak terawat dengan baik.

Budi Karya bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono melakukan inspeksi sejumlah bus di Terminal Kampung Rambutan.

Pengecekan yang dilakukan yaitu pengecekan surat-surat untuk uji kelayakan kendaraan, KIR, masa berlaku nomor kendaraan, kondisi rem dan kondisi mesin bus, serta pengecekan emisi gas buang.

BACA JUGA : Gelar Ramp Check Bus Jelang Arus Mudik, Dishub Sleman

“Saya pikir memang kerja sama antara semua lini pemerintahan dan masyarakat harus dilakukan untuk menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo Khusus Libur Iduladha 15-18 Juni 2024

Jogja
| Sabtu, 15 Juni 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement