Advertisement

Dokumen Rahasia Milik AS Bocor, Ungkap Keterlibatan Israel di Konflik Rusia vs Ukraina

Hesti Puji Lestari
Senin, 10 April 2023 - 10:17 WIB
Sunartono
Dokumen Rahasia Milik AS Bocor, Ungkap Keterlibatan Israel di Konflik Rusia vs Ukraina Ilustrasi peran Israel dalam perang Rusia vs Ukraina. REUTERS - Violeta Santos Moura

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sejumlah dokumen rahasia dari Departemen Pertahanan AS bocor ke media belum lama ini. Salah satunya terkait keterlibatan Israel dalam perang Rusia vs Ukraina.

Dokumen tersebut pertama kali muncul online pada bulan Maret, seorang pejabat senior AS mengatakan pada hari Sabtu dokumen tersebut nyata, meskipun beberapa di antaranya dapat diubah.

Advertisement

Penyebab dari kebocoran data itu masih belum jelas, tetapi NBC menilai itu bisa menjadi pelanggaran rahasia intelijen AS yang paling serius sejak kontraktor Badan Keamanan Nasional, Edward Snowden, menyerahkan ribuan dokumen rahasia kepada wartawan tentang pengawasan elektronik AS pada 2013.

BACA JUGA : Saling Klaim! Ribuan Pasukan Rusia dan Ukraina Tewas

Dalam hal ini kasus, skala pengungkapannya jauh lebih kecil, melibatkan lusinan, bukan ribuan dokumen. Dalam dokumen yang bocor tersebut ada informasi tentang perang Israel terhadap perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Sebuah dokumen tertanggal 28 Februari menilai jalan bagi Israel untuk memberikan “bantuan mematikan” ke Ukraina, memberikan situasi hipotetis yang mungkin mendorong Israel dari tindakan penyeimbangan antara Kyiv dan Moskow.

Ditandai "rahasia", dokumen itu juga menunjukkan senjata Israel apa yang dapat ditransfer ke Ukraina, seperti yang setara dengan Javelin Israel dan sistem rudal lainnya. Analisis tersebut mengatakan skenario paling masuk akal adalah bahwa Yerusalem mengadopsi model Turki di bawah tekanan AS.

Seperti Ankara, itu berarti bahwa Israel menjual sistem pertahanan yang mematikan atau menyediakannya melalui entitas pihak ketiga sambil secara terbuka mengadvokasi perdamaian dan menawarkan untuk menjadi tuan rumah upaya mediasi.

BACA JUGA : Rusia Terus Merangsek, Ratusan Prajurit Ukraina Tewas

Skenario alternatif mempertimbangkan bagaimana dukungan Moskow terhadap program militer Iran atau upaya proksi di Suriah dapat mendorong Israel untuk memberikan “bantuan mematikan” kepada Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Anggota DPR RI Sebut Perlu Ada Honor untuk Pengambil Sampah Rumah Tangga di Jogja

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement