Advertisement

Vaksinasi Jadi Opsi Cegah Penyebaran Virus Lato-Lato

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 30 Maret 2023 - 09:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Vaksinasi Jadi Opsi Cegah Penyebaran Virus Lato-Lato Vaksinasi ternak sapi perah di Sleman untuk menghentikan dan mengendalikan penyebaran virus LSD. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Upaya menghentikan dan mengendalikan penyebaran virus lumpy skin disease (LSD), atau yang akrab disebut lato-lato, salah satunya bisa dilakukan lewat penyuntikan vaksin terhadap sapi perah.

PT Sarihusada Generasi Mahardhika mengapresiasi langkah Kabupaten Sleman yang meluncurkan vaksinasi perdana pada Januari 2023. Percepatan vaksinasi itu dilakukan di wilayah Kecamatan Pakem dan Cangkringan.

Advertisement

Danone Specialized Nutrition Factory Manager East, Joko Yulianto, menuturkan upaya Sarihusada itu merupakan respons cepat dari situasi yang dihadapi peternak sapi perah pada saat ini.

“Kolaborasi serupa juga kami [Sarihusada] lakukan di Boyolali [Jawa Tengah] ketika ada penyakit mulut dan kuku. Diharapkan kolaborasi ini bisa lebih luas lagi dikembangkan untuk menghadapi situasi ini,” ungkapnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Kamis (30/3/2023).

Sarihusada melalui program Peningkatan Mutu Susu telah mendampingi peternak sapi perah di kawasan DIY dan Jawa Tengah sejak 1991. Program itu untuk mendorong peternak menghasilkan susu dengan kualitas lebih baik agar dapat turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Peternak sapi perah di Cangkringan, Retnawati, khawatir dampak PMK yang belum selesai diperberat dengan adanya virus lato-lato. “Sapi kami menurun produksinya sementara operasional berjalan terus. Sapi yang sakit kurang bisa dijual sedangkan kalau tidak dijual maka bisa menular ke sapi kami yang lain. Serba susah bagi peternak,” katanya.

Pada saat peluncuran vaksin, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, berharap pemberian vaksin LSD benar-benar dapat menghentikan penyebaran virus lato-lato pada ternak di wilayah Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

908 Orang Terkena DBD di DIY, Chikungunya Ikut Melonjak

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement