Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Pembangunan Literasi DIY Tertinggi Nasional

Media Digital
Senin, 06 Maret 2023 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Pembangunan Literasi DIY Tertinggi Nasional Wakil Gubernur DIY, KGPAA Sri Paduka Paku Alam X (tengah) saat menerima penghargaan sebagai provinsi dengan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat tertinggi di Indonesia - Ist

Advertisement

JAKARTADIY dinobatkan sebagai daerah dengan nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tertinggi nasional pada 2022. Senyampang dengan itu, tingkat kegemaran membaca masyarakat DIY pun menempati skor tertinggi nasional.

Nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat DIY tahun 2022 mencapai 83,63 atau kategori tinggi. “Atas nama Pemerintah Daerah DIY, saya mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI atas penghargaan yang telah diberikan kepada DIY sebagai provinsi dengan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat tertinggi di Indonesia. Semoga penghargaan ini menjadi pendorong bagi kami di DIY untuk lebih berupaya lagi meningkatkan tingkat literasi masyarakat,” kata Wakil Gubernur DIY, KGPAA Sri Paduka Paku Alam X saat menerima penghargaan dari Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2023 di Hotel Pullman, Jakarta Central Park, pada Senin (6/3/2023).

Advertisement

Sri Paduka yang hadir mewakili Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengungkapkan bagi DIY aktivitas membaca sangatlah penting. “Dengan gemar membaca, tercipta kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah. Semua itulah yang disebut sebagai literasi,” kata Wagub.

Prestasi DPAD
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Monika Nur Lastiyani, mengatakan pada rakor bidang perpustakaan tahun ini, DIY mendapatkan tiga penghargaan, yakni nilai IPLM tertinggi nasional, tingkat kegemaran membaca terbaik nasional, dan DPAD DIY menjadi instansi yang melakukan akreditasi terbanyak se-nasional.

“Penghargaan-penghargaan ini tentu membuat Jogja semakin istimewa. Harapannya, program-program yang terkait dengan peningkatan literasi ataupun budaya baca yang ada di DIY ke depan bisa lebih ditunjang melalui dana keistimewaan. Sehingga prestasi-prestasi yang terukir ini bisa tetap kita pertahankan,” kata Monika.

Dia mengatakan sejumlah langkah dilakukan DPAD DIY dalam upaya pencapaian penghargaan-penghargaan ini. Salah satunya selalu mengupayakan dan mengoptimalkan kinerja para pustakawan, khususnya terkait dengan akreditasi. “Sementara untuk peningkatan indeks literasi masyarakat, kami telah memiliki kerja sama kemitraan dengan DPRD DIY melalui program bedah buku. Program ini sudah mencapai pelosok-pelosok kalurahan, sehingga indeks literasi DIY menjadi meningkat dengan sangat pesat,” katanya.

Anak Bangsa
Dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, mengatakan setiap warga negara Indonesia dalam undang-undang ikut bertugas mencerdaskan anak bangsa. Dengan mencerdaskan anak bangsa kesejahteraan dapat dicapai.

“Kalau masyarakat sudah sejahtera, mudah bagi pimpinan untuk membangun persatuan. Ujungnya adalah ikut menjaga perdamaian dunia. Dan literasi bukan hanya sekadar pandai baca tulis. Literasi adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap sesuatu subjek ilmu pengetahuan tertentu yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas untuk memproduksi barang dan jasa yang berkualitas tinggi dan dapat dipakai untuk memenangkan persaingan global,” kata Bando. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kubah Gunung Merapi di Barat Daya Bertambah Tinggi, Tidak Ada Titik Magma Baru

Sleman
| Senin, 02 Oktober 2023, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Unik, Penginapan Ini Bisa Berputar 360 Derajat

Wisata
| Senin, 02 Oktober 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement