Advertisement

Bertolak Belakang! Jokowi Minta Masyarakat Belanja, Gubernur NTT Imbau Warga Jalan Kaki

Annasa Rizki Kamalina
Rabu, 01 Maret 2023 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Bertolak Belakang! Jokowi Minta Masyarakat Belanja, Gubernur NTT Imbau Warga Jalan Kaki Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat tengah ramai menjadi perbincangan karena selain mengeluarkan kebijakan sekolah pukul 05.00 pagi, dirinya juga mengimbau warga untuk beraktivitas dengan jalan kaki untuk menahan inflasi. 

Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda NTT Lery Rupidara menyampaikan imbauan yang mulai berlaku pada 7 Maret 2023 tersebut bersifat tidak memaksa dan sebagai langkah mengendalikan inflasi dan menjaga lingkungan. 

Advertisement

“Ini imbauan dalam rangka kendali inflasi, ramah lingkungan, dan kesehatan. Ini imbauan, pelaksanaannya bebas oleh setiap orang sesuai kemampuan dan kondisi yang ada,” ujarnya, Rabu (1/3/2023).

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa pada 2022 terdapat dana masyarakat yang mengendap di bank mencapai Rp690 triliun.  

Kepala Negara berharap masyarakat dapat mengeluarkan dana tersebut dan berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, salah satunya melalui kegiatan seperti konser musik atau olahraga.  

“Menyangkut belanja masyarakat yang ditahan Rp690 triliun biar itu keluar, gapapa digunakan untuk nonton konser, nonton sepakbola. Biarkan spending masyarakat, entah makan di warung, PKL, belanja kaos, atau event olahraga,” ungkapnya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023, Kamis (23/02/2023). 

BACA JUGA: Tak Hanya Rafael Alun, Eks Kepala Bea Cukai Jogja Juga Tak Laporkan Moge di LHKPN

Dari pernyataan tersebut, terlihat bertolak belakang dari apa yang diarahkan Presiden dengan kebijakan yang dibuat Gubernur NTT.

Jika di satu sisi Jokowi meminta masyarakat membelanjakan uangnya, namun pimpinan NTT justru mengimbau warganya untuk berhemat menggunakan BBM demi menjaga inflasi, meski secara umum pada Februari 2023 NTT tercatat mengalami deflasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sejumlah Ruas Jalan di Kota Jogja Mengalami Perlambatan Arus, Begini Strategi Kepolisian

Jogja
| Sabtu, 13 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Ada Kompetisi Unik, Pramusaji Kafe di Paris Balapan Bawa Baki

Wisata
| Kamis, 04 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement