Advertisement

Helikopter Bawa Kapolda Jambi Mendarat Darurat, Begini Kondisi Penumpang

Dany Saputra
Senin, 20 Februari 2023 - 07:27 WIB
Sunartono
Helikopter Bawa Kapolda Jambi Mendarat Darurat, Begini Kondisi Penumpang Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya akan mengawal Pemilu tahun 2024. Fokus untuk menghindari polarisasi di tengah masyarakat. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Seluruh penumpang helikopter yang salah satunya membawa Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dinyatakan selamat, setelah melakukan pendaratan darurat, Minggu (19/2/2023).

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat ditemui oleh awak media di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.  "Alhamdulillah sampai saat ini kami dapat informasi semua masih selamat. Mohon doanya untuk evakuasi bisa kita lakukan dengan cepat," ujarnya, Minggu (19/2/2023). 

Advertisement

BACA JUGA : Evakuasi Helikopter Rombongan Kapolda Jambi Terkendala

Mantan Kabareskrim Polri itu menceritakan bahwa helikopter yang membawa delapan penumpang itu, di antaranya Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, terpaksa harus melakukan pendaratan darurat di Desa Tamia, Kabupaten Kerinci, hari ini, sekitar pukul 11.00 WIB. 

Untuk membantu upaya evakuasi, Listyo mengatakan telah mengirim dua helikopter dan tim gabungan yang terdiri dari Brimob, SAR, dan dibantu oleh elemen masyarakat yang mengetahui titik evakuasi. 

Saat ini, lanjutnya, tim yang dikirim ke titik evakuasi sudah berada di jarak sekitar 3 kilometer (km) dari tempat pendaratan darurat. Namun, lokasi pendaratan yang merupakan wilayah perbukitan diakui menjadi tantangan. 

"Karena memang wilayahnya perbukitan sehingga kita membutuhkan waktu," lanjutnya. 

Adapun skema evakuasi yang diprioritaskan saat ini yakni menggunaka helikopter. Namun, apabila medan evakuasi tidak memungkinkan, maka bisa jadi disiapkan evakuasi dengan jalur darat. 

Apabila upaya penyelamatan sudah selesai, maka rombongan yang terdiri dari delapan orang itu akan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk perawatan. 

Seperti dilansir Antara, helikopter berangkat dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh untuk melakukan kunjungan kerja pada pukul 09.25 WIB. Helikopter jenis Bell 412 SP dengan nomor registrasi P3001 itu lepas landas dari Bandara Sulta Thaha Jambi dengan tujuan Bandara Depati Parbo.

Kru yang berada di helikopter itu terdiri dari Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, AKP Ali, AKP Amos F, Aipda Susilo, Dirreskrimum Kombes Pol Andri Ananta, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, Korpspripim Kompol A Yani, dan seorang ADC Kapolda Jambi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement