Advertisement

Ini 12 Jalan Tol Baru yang Bisa Digunakan untuk Mudik Lebaran Tahun Ini

Muhammad Ridwan
Sabtu, 11 Februari 2023 - 12:47 WIB
Budi Cahyana
Ini 12 Jalan Tol Baru yang Bisa Digunakan untuk Mudik Lebaran Tahun Ini Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 3 di daerah Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). - JIBI/Bisnis.com/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sedikitnya 12 jalan tol baru sudah bisa digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 12 jalan tol anyar beroperasi saat periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Advertisement

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, memaparkan jalan tol baru yang siap beroperasi saat arus mudik lebaran tahun ini antara lain Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Hedy mengatakan PUPR juga menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat beroperasi secara penuh saat mudik Lebaran 

"Cisumdawu saat lebaran nanti full beroperasi," kata Hedy dalam paparannya di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Hedy melanjutkan jalan tol baru lainnya yang akan beroperasi ialah Jalan Tol Sigli-Banda-Aceh. Pada Lebaran nanti, ruas yang akan dibuka adalah Seksi 5. Selanjutnya, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A, Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B, dan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A.

"Berikutnya Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan 2 paket 3," ungkapnya.

BACA JUGA: Sultan Ground untuk Tol Jogja Kemungkinan Disewa, Pusat: Hanya Berlaku untuk DIY

Sebelumnya, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan Tol Cisumdawu diproyeksikan beroperasi penuh pada Maret 2023 atau saat arus mudik Lebaran 2023.

Saat ini, operasionalisasi Tol Cisumdawu baru dibuka hingga Gerbang Tol Cimalaka. Hal tersebut disampaikan Dony berdasarkan progres terkini yang disampaikan pelaksana pembangunan Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Menurutnya, saat ini CKJT masih terus mengebut penyelesaian Tol Cisumdawu.

"Memang target [Cisumdawu beroperasi] itu Maret, sudah bisa sampai dengan Sakurjaya [Kecamatan Ujungjaya], sampai Bandara Kertajati," kata Dony, Senin (30/1/2023)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement