Advertisement

Transaksi Tol Tanpa Sentuh Mulai Diujicobakan

Muhammad Ridwan
Senin, 06 Februari 2023 - 11:57 WIB
Sunartono
Transaksi Tol Tanpa Sentuh Mulai Diujicobakan Ilustrasi Jalan Tol / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Uji coba transaksi jalan tol nontunai tanpa sentuh (nirsentuh), atau multi lane free flow (MLFF) akan dilakukan di Bali untuk pertama kali. Perangkat untuk uji coba sistem transaksi itu sudah dipersiapkan oleh badan usaha jalan tol di sejumlah ruas di wilayah Jabodetabek.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), salah satunya, yang telah memasang perangkat tersebut di Jalan Tol Jagorawi pada tahun lalu. Tiang sensor tersebut dipasang di KM 18+370 arah Ciawi Ruas Tol Jagorawi. Perangkat tersebut memiliki berat sekitar 4,5 ton dan panjang bentang 24 meter.

Advertisement

BACA JUGA : Dipatok untuk Tol Jogja Solo, Tanah Desa di Purwomartani

Sementara itu, PT Hutama Karya (Persero) juga telah memasang gantry sistem pembayaran MLFF di Jalan tol JORR S. Gantry tersebut di pasang di Jalan Tol JORR S KM33+635.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan uji coba MLFF akan dilakukan di Jalan Tol Bali Mandara.

Menurutnya, Bali dipilih untuk uji coba tersebut karena jarak jalan tolnya yang relatif pendek dan tidak luas, sehingga akan lebih mudah untuk dikendalikan.

Hedy menuturkan nantinya penerapan uji coba di Bali akan menjadi bahan evaluasi untuk memperluas penerapan MLFF di daerah lain. "Maret sudah fix," katanya.

BACA JUGA : Protes! Dua Tahun Nasib Ganti Rugi Tol Tak Jelas

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, uji coba dilakukan secara bertahap. Selama masa transisi, pengguna bisa langsung bertransaksi dengan sistem MLFF menggunakan aplikasi tanpa melewati palang tol. Namun, gerbang untuk transaksi nontunai konvensional akan tetap ada.

"Kami mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu di satu ruas tol untuk MLFF, sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik," kata Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement