Advertisement

FBI Geledah Rumah Presiden AS Joe Biden

Nancy Junita
Kamis, 02 Februari 2023 - 10:17 WIB
Sunartono
FBI Geledah Rumah Presiden AS Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbicara di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di Washington, DC, AS, pada Kamis, 12 Januari 2023. - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – FBI menggeledah rumah pantai milik Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (1/2/2023).

Melansir NBC News, Kamis (2/2/2023), penggeledahan dilakukan di rumah pantai Biden di di Pantai Rehoboth, Delaware, kata pengacara pribadi Biden, Bob Bauer dalam sebuah pernyataan.

Advertisement

Penggeledahan dilakukan dari pukul 08.30 hingga tengah hari waktu setempat terkait skandal dokumen rahasia selama dia menjabat sebagai wakil presiden. Penggeledahan sesuai rencana Departemen Kehakiman AS (DOJ) dan sepersetujuan Biden.

BACA JUGA : Joe Biden Tak Ikut Gala Dinner G20 di GWK

“Penggeledahan yang direncanakan DOJ atas kediaman presiden di Rehoboth, yang dilakukan dalam koordinasi dan kerja sama dengan pengacara presiden, telah selesai,” kata Bauer.

“Konsisten dengan proses di Wilmington, DOJ meninjau lebih lanjut beberapa materi dan catatan tulisan tangan yang tampaknya berhubungan dengan waktunya sebagai wakil presiden,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bauer menegaskan tidak ada dokumen rahasia yang ditemukan selama penggeledahan FBI di rumah pantai Biden.

Penggeledahan FBI atas rumah pantai Rehoboth Biden terjadi di tengah penyelidikan dokumen rahasia yang sedang berlangsung.

Pada Rabu (1/2/2023) pagi, Bauer mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa DOJ sedang melakukan pencarian dengan dukungan dan kerja sama penuh Biden.

"Di bawah prosedur standar DOJ, demi keamanan dan integritas operasional, DOJ berusaha melakukan pekerjaan ini tanpa pemberitahuan publik terlebih dahulu, dan kami setuju untuk bekerja sama," kata Bauer.

"Pencarian hari ini adalah langkah selanjutnya dalam proses DOJ yang menyeluruh dan tepat waktu, kami akan terus mendukung dan memfasilitasi sepenuhnya. Kami akan mendapatkan informasi lebih lanjut di akhir pencarian hari ini."

Dokumen Rahasia

Dokumen dengan tanda rahasia ditemukan sebelumnya di kediaman Biden di Wilmington dan kantor think tank Washington, tetapi Bauer dan Gedung Putih mengatakan awal bulan ini bahwa tidak ada dokumen rahasia yang ditemukan di rumah pantai presiden.

Arsip Nasional, yang bertanggung jawab menyimpan catatan kepresidenan, menolak mengomentari penggeledahan rumah presiden di Rehoboth.

FBI sebelumnya menggeledah kantor Pusat Diplomasi dan Keterlibatan Global Penn Biden pada pertengahan November setelah dokumen rahasia ditemukan di sana, NBC News melaporkan Selasa (31/1/2023).

BACA JUGA : Jokowi Sempat Selamatkan Joe Biden yang Tersandung

Ian Sams, Juru Bicara kantor penasihat Gedung Putih, dalam menjawab pertanyaan wartawan di luar Gedung Putih berulang kali mengatakan bahwa presiden dan timnya telah bekerja sama penuh dengan Departemen Kehakiman.

Dengan meninggalkan beberapa pertanyaan yang belum terjawab, dia mengatakan Gedung Putih ingin "berhati-hati" dalam berbagi informasi yang merupakan bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung.

"Kami akan terus mencoba memberikan informasi saat penyelidikan ini berlangsung dan memastikan bahwa kalian berbagi informasi yang penting. Presiden bekerja sama dengan penyelidikan ini," kata Sam.

Berita tentang penggeledahan FBI atas rumah pantai Biden muncul ketika mantan Presiden Donald Trump sedang diselidiki setelah dokumen rahasia ditemukan di resor Mar-a-Lago miliknya di Florida.

Agen FBI melakukan penggeledahan di perkebunan Trump di Florida tahun lalu dan menemukan lebih dari 100 dokumen rahasia,

Pada Desember lalu, dua dokumen lagi dengan tanda rahasia ditemukan di fasilitas penyimpanan Florida tidak jauh dari Mar-a-Lago dan diserahkan ke FBI.

Sejumlah kecil dokumen rahasia juga ditemukan bulan lalu di rumah mantan Wakil Presiden Mike Pence di Indiana, kata pengacara Greg Jacob, dalam surat yang dikirim ke Arsip Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement