Advertisement

Transmart Milik Chairul Tanjung Kian Menyusut, Tinggal Segini Jumlahnya

Ni Luh Anggela
Rabu, 01 Februari 2023 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Transmart Milik Chairul Tanjung Kian Menyusut, Tinggal Segini Jumlahnya Gerai Transmart ITC Kuningan, Jakarta sudah tutup permanen, Senin (30/1/2023) - BISNIS - Ni Luh Angela.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Jumlah gerai ritel modern milik Chairul Tanjung, Transmart yang masih beroperasi tercatat menurun drastis. Saat ini, jumlah Transmart yang masih beroperasi di seluruh Indonesia tercatat hanya 95 gerai.

“Ada sekitar 95 toko di seluruh Indonesia. Kita masih buka,” kata Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid kepada Bisnis, Selasa (31/1/2023).

Advertisement

Satria menyebut, ada beberapa lokasi gerai yang berpotensi tumbuh signifikan yaitu di Cempaka Putih dan Kota Kasablanka, Jakarta. Kemudian di Padang, Cibubur, Trans Icon Surabaya, Trans Imam Bonjol di Denpasar, Bali, dan Buah Batu di Bandung.

Sebagaimana diketahui, Transmart telah menutup sejumlah gerainya sejak 2019. Dalam wawancara Bisnis-jaringan Harianjogja.com dengan Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid pada April 2021 lalu, dia menyebut ada 134 gerai Transmart yang masih beroperasi.

"Saat ini kami memiliki 134 toko. Sampai saat ini kami melakukan efisiensi ketat sehingga kami berupaya tidak ada penutupan toko,” kata Satria saat dihubungi, Senin (5/4/2021).

Adapun, dalam wawancara terbaru pada 31 Januari 2023, Satria Hamid menyebut Transmart yang masih beroperasi berjumlah 95 gerai. Artinya, sepanjang 2021 hingga saat ini, ada 39 toko yang berhenti beroperasi atau tutup permanen.

Meskipun demikian, Satria enggan untuk menyebutkan secara detail terkait lokasi gerai Transmart yang sudah tidak beroperasi. Namun, dia mengatakan beberapa gerai yang tutup permanen di antaranya Transmart Mangga Dua Square, Transmart ITC Kuningan, Transmart ITC Permata Hijau, Transmart ITC Cempaka Mas, Transmart Mal Ambasador, Transmart Tamini Square, dan Transmart di Batam.

Penutupan gerai di sejumlah lokasi tersebut menjadi pilihan terakhir bagi pihak Transmart setelah mengerahkan berbagai upaya untuk kembali menarik minat konsumen ke pusat perbelanjaan milik Chairul Tanjung tersebut.

BACA JUGA: Pemerintah Targetkan 12 Tol Baru Akan Beroperasi pada 2024, Ada Jogja Solo dan Jogja Bawen

Suasana Transmart yang sepi pengunjung juga sempat hangat diperbincangkan beberapa waktu lalu. Video yang diunggah oleh akun Twitter @Strategi_Bisnis, pada 24 Januari 2023 itu telah ditonton sebanyak 1,7 juta kali dan di retweet sebanyak 1.664.

“Dulu saat masih Carrefour, lumayan ramai karena harga kompetitif. Saat sudah jadi Transmart, banyak yang jadi sepi kayak gini. Kalau tidak ada perubahan, banyak gerai Transmart yang akan tutup,” tulis akun tersebut, dikutip Rabu (1/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement