Advertisement

Ragam Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Cuaca Panas

Newswire
Sabtu, 14 Januari 2023 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
Ragam Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Cuaca Panas Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Air Conditioner (AC) pada setiap kendaraan masa kini sudah menjadi sebuah kewajiban, fungsi hadirnya fitur ini juga akan memberikan rasa yang nyaman ketika selama perjalanan.

Meski begitu, kadang ada kendala pada AC ketika cuaca sedang panas di mana kesejukan melalui pendingin udara yang ada di mobil tidak maksimal.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Auto2000 dalam laman resminya pada Sabtu memberikan beberapa tips terhadap kendaraan yang memiliki masalah kesejukan ketika cuaca yang sedang terik.

1. Kompresor bermasalah

Kompresor AC menjadi salah satu penyebab utama mengapa AC tidak mendingin. Adanya masalah seperti keausan, kerusakan komponen atau sistem kelistrikan menjadi biang kerok yang sebenarnya bisa dihindari.

2. Refrigerant kurang cairan

AC memang membutuhkan banyak cairan pendingin yang nantinya akan diproses untuk menghasilkan suhu dingin di dalam kabin. Jika kekurangan cairan pendingin, maka sudah dipastikan AC akan terasa kurang bisa memberikan kesejukan di dalam kendaraan dan akan dapat mengganggu kenyamanan setiap orang yang ada di dalam.

4. Selang yang rusak

Masih berhubungan dengan AC mobil, ada lagi komponen berbentuk selang yang berguna mengalirkan freon untuk diubah menjadi suhu dingin. Selang yang bermasalah akan dapat memberikan dampak buruk bagi kualitas AC itu sendiri dan yang terparah akan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya jika dibiarkan begitu saja.

5. Suhu mesin yang tinggi

Tidak melulu permasalahan AC yang tidak dingin disebabkan oleh rangkaian AC itu sendiri, mesin yang cukup panas juga memberikan dampak ketidak sejukan yang dihasilkan oleh AC pada mobil tersebut.

Meski begitu, biasanya suhu panas dari mobil bisa diturunkan dengan hadirnya radiator, tetapi adanya suhu yang tinggi dari matahari kadang membuat sistemnya tidak terlalu efisien. Dengan begitu, AC yang sudah bekerja keras untuk menurunkan suhu tetap tidak akan memberikan pengaruh.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pendapatan BPHTB Sleman 2022 Capai Rp239 Miliar

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement