Advertisement

Geger! Muncul Pulau Baru Setelah Maluku Digunjang Gempa M 7,5

Rendi Mahendra
Rabu, 11 Januari 2023 - 13:57 WIB
Sunartono
Geger! Muncul Pulau Baru Setelah Maluku Digunjang Gempa M 7,5 Gempa bumi magnitudo 7,9 di Maluku Tenggara Barat - bmkg.go.id

Advertisement

Harianjogjacom, JAKARTA - Warga sekitar di gegerkan dengan munculnya pulau baru ke permukaan air setelah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, diguncang gempa berkekuatan lebih dari magnitudo 7, Selasa (10/12/2022) dini hari ini waktu setempat.

Kepala Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, Bony Kelmaskossu, menjelaskan terkait bentuk pulau baru itu berupa tumpukan material yang muncul ke permukaan air dekat pantai.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Temuan di Desa Teinaman Kecamatan Tanibar Utara, gempa berkekuatan magnitudo lebih dari 7 mengakibatkan munculnya tumpukan material sehingga membentuk pulau,” kata Bony dikutip dari laman Antara News, Rabu (11/12/2022).

BACA JUGA : Terasa hingga ke DIY, Gempa Bumi Pacitan Berkekuatan Magnitudo 5,6 

Akibat munculnya pulau baru tersebut membuat warga sekitar khususnya masyarakat Desa Teinaman panik dan ketakutan sehingga memilih untuk mengungsi sementara waktu. “Kebijakan yang ditempuh, kami arahkan masyarakat untuk mengungsi sementara waktu,” jelas Bony.

Dilihat dari akun Instagram @Insta_Julid mengunggah video diduga lokasi munculnya pulau baru di Desa  Teinaman. Tampak dari unggahan itu, terlihat seorang lelaki yang memakai seragam dinas sedang berdiri membelakangi tumpukan material sembari menjelaskan kronologi diduga munculnya pulau baru tersebut.

“Temuan yang bersumber  dari gempa semalam mengakibatkan munculnya benda di belakang saya. Ini kejadian aneh di desa kami Desa Teinaman.  Kejadian aneh ini mengakibatkan seluruh warga sekitar mengungsi karena ketakutan, sehingga warga masyarakat mengungsi,” jelasnya.

BACA JUGA : Foto-Foto Kerusakan Akibat Gempa Tektonik M7,5 di Maluku Barat Daya

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Ambon, Luthfy Pary menjelaskan terkait fenomena munculnya pulau baru di Desa Teinaman pihaknya belum bisa mengonfirmasi fenomena tersebut. Namun hal itu mirip dengan “mud volcano”.

“Informasi yang kami peroleh belum lengkap apakah fenomena itu memang murni diakibatkan oleh dampak ikutan gempa atau bukan, sejauh ini kamu belum mendapat informasi yang akurat,” ujar Luthfy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Padat Karya Bantul Berdayakan Warga Miskin di 70 Kalurahan

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement