Advertisement

Ada Varian Baru XBB.1.5 Menular Cepat, WHO Serukan Penumpang Pakai Masker

Nancy Junita
Rabu, 11 Januari 2023 - 08:57 WIB
Sunartono
Ada Varian Baru XBB.1.5 Menular Cepat, WHO Serukan Penumpang Pakai Masker Ilustrasi WNA di Bandara - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau negara-negara perlu merekomendasikan agar penumpang memakai masker dalam penerbangan jarak jauh, mengingat penyebaran cepat subvarian Omicron Covid-19 terbaru di Amerika Serikat (AS).

Melansir Channel News Asia, Rabu (11/1/2023), di Eropa, subvarian XBB.1.5 terdeteksi dalam jumlah kecil tetapi terus bertambah, kata pejabat WHO dan Eropa dalam konferensi pers.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Penumpang harus disarankan untuk memakai masker dalam pengaturan berisiko tinggi seperti penerbangan jarak jauh, kata petugas darurat senior WHO untuk Eropa, Catherine Smallwood, menambahkan: "ini harus menjadi rekomendasi yang dikeluarkan untuk penumpang yang datang dari mana saja di mana ada penyebaran Covid-19.”

BACA JUGA : Cerita Penjual Masker di Jogja Gulung Tikar Begitu Pandemi

XBB.1.5 - subvarian Omicron paling menular yang terdeteksi sejauh ini - menyumbang 27,6 persen kasus Covid-19 di AS  pada 7 Januari, kata pejabat kesehatan.

Tidak jelas apakah XBB.1.5 akan menyebabkan gelombang infeksi global sendiri. Vaksin saat ini terus melindungi dari gejala parah, rawat inap dan kematian, kata para ahli.

"Negara-negara perlu melihat basis bukti untuk pengujian pra-keberangkatan" dan jika tindakan dipertimbangkan, langkah-langkah perjalanan harus diterapkan dengan cara yang tidak diskriminatif," kata Smallwood.

BACA JUGA : Menkes: Warga Tak Perlu Pakai Masker di Ruang Terbuka

Sejauh ini belum direkomendasikan pengujian untuk penumpang dari AS, tambahnya. Langkah-langkah yang dapat diambil termasuk pengawasan genomik, dan menargetkan penumpang dari negara lain selama tidak mengalihkan sumber daya dari sistem pengawasan domestik. Termasuk pemantauan air limbah di sekitar titik masuk seperti bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pendapatan BPHTB Sleman 2022 Capai Rp239 Miliar

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement