Advertisement

Viral, Tiko Rawat Ibu ODGJ Selama 11 Tahun di Rumah Terbengkalai

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 05 Januari 2023 - 12:37 WIB
Sunartono
Viral, Tiko Rawat Ibu ODGJ Selama 11 Tahun di Rumah Terbengkalai Tiko (23) pemuda asal Cakung yang rawat ibunya di rumah terbengkalai selama 11 tahun - Youtube Ale Coward

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Media sosial dihebohkan dengan kisah menyentuh milik Tiko, 23, asal Cakung, Jakarta Timur. Ia menjadi viral setelah akun Instagram @nyongallee_ mengunggah rumah terbengkalai yang ditempati Tiko, pada 13 Desember 2022.

Akun @nyongallee_ memang kerap membuat konten soal rumah kosong dan terbengkalai untuk diulas. Namun siapa sangka rumah yang dikira kosong itu ternyata dihuni oleh Tiko dan ibunya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Ale, nama pemilik akun, akhirnya bertemu dengan Tiko untuk menceritakan kisahnya. Kisah itu pun akhirnya viral di media sosial.

BACA JUGA : Viral! Menteri Basuki Alih Profesi Jadi Drummer Band Kotak

Dalam rumah terbengkalai itu, Tiko tinggal bersama ibunya yang depresi. Diceritakan, rumahnya diputus air dan listrik setelah ibu dan ayahnya cerai.

Diketahui, Tiko merawat ibunya selama 11 tahun sejak ia masih kelas 6 SD. Meskipun sudah sering memberisahkan rumahnya, namun keterbatasan muncul karena air dan listrik terputus.

Mengutip dari Youtube Ale Coward, Tiko menjelaskan ibunya pernah menjadi penjual makanan. Sayangnya hal itu tak berlangsung lama karena kesehatan mental ibunya kian menurun.

Rumah dibersihkan

Kisah viralnya ini akhirnya mendapat tanggapan dari beberapa pihak. Tak berselang lama, rumah terbengkalai yang ditempatinya itu pun langsung dibersihkan oleh petugas penyelamat Sektor Cakung pada Rabu (4/1/2023).

Pembersihan rumah itu dilakukan dengan pengerahan sebanyak 1 unit medium pressure, 1 unit komando, 2 unit kuda besi serta 12 personil.

BACA JUGA : Sedang Viral! Ini Link Download dan Cara Main Latto-latto Online

Kemudian, para petugas penyelamat berkolaborasi dengan petugas lainnya dari instansi terkait mulai melakukan pembersihan dengan menyiram seluruh permukaan baik di dalam maupun di luar rumah.

Ibu dievakuasi

Ibu Tiko yang mengalami gangguan jiwa akhirnya mendapat perawatan, dengan dibantu oleh YouTuber Pratiwi Noviyanthy.

YouTuber ini memang terkenal dengan konten membantu orang dengan gangguan jiwa. Novi pun ikut mengevakuasi ibu Tiko ke rumah sakit jiwa untuk berobat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Luar Biasa! Kekebalan Tubuh Warga Jogja terhadap Covid-19 Capai 99%

Jogja
| Rabu, 08 Februari 2023, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement