Advertisement

Filipina vs Indonesia Piala AFF 2022: Taktik Serangan dan Prediksi Skor

Andhika Anggoro Wening
Senin, 02 Januari 2023 - 11:27 WIB
Sunartono
Filipina vs Indonesia Piala AFF 2022: Taktik Serangan dan Prediksi Skor Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Prediksi Skor Filipina vs Indonesia Piala AFF 2022: Klasemen, Indonesia Menang? - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Filipina akan menjamu Indonesia dalam pertandingan terakhir babak penyisihan grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2022) pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia yang saat ini ada di posisi dua Grup A Piala AFF 2022 sebenarnya cuma butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Namun, pelatih Shin Tae-yong punya target lebih tinggi untuk finis sebagai juara grup. Untuk mencapai itu, skuad Garuda harus menang atas Filipina dengan skor lebih telak dari Thailand.

BACA JUGA : Pemain Timnas Indonesia Diminta Anggap Laga versus Filipina Partai Final

Thailand saat ini memimpin Grup A dengan keunggulan selisih gol atas Indonesia. Tim Gajah Perang bakal menjamu Kamboja pada hari yang sama. Jika tak ada kejutan, tim Gajah Perang diyakini menang mudah. Jadi, tugas Marc Klok dan kawan-kawan adalah menang sebesar mungkin untuk mengungguli skor Thailand.

Namun, timnas Indonesia juga tak boleh memandang Filipina sebelah mata. Meski sudah tak lagi berpeluang lolos, pasukan Josep Ferre tentu tak mau kehilangan muka di hadapan pendukung mereka. Lagi pula, rekam jejak pertarungan kedua tim membuktikan bahwa Filipina selalu bisa merepotkan Indonesia.

Ambil contoh pada tiga laga terakhir. Indonesia sama sekali tak pernah menang atas The Azkals, bahkan dibantai 0-4 pada Piala AFF 2014.

Oleh karena itu, tim asuhan Shin Tae-yong harus waspada, terutama ketajaman Kenshiro Daniels di lini depan Filipina. Striker kelahiran Amerika Serikat itu sudah mencetak tiga gol di Piala AFF 2022, bisa saja menambah pundi-pundinya jika tak dijaga ketat.

Pelatih Filipina, Josep Ferre, juga menegaskan bahwa timnya akan tetap mencari kemenangan di laga terakhir. "Kami main di kandang menghadapi tim kuat lainnya, Indonesia. Usai kalah dari Thailand, kami akan menampilkan performa lebih baik agar pertandingan juga menarik. Kami akan berusaha menang," ujar Josep Ferre.

Timnas Indonesia datang ke Filipina dengan keadaan sedikit pincang. Sebab, mereka tak bisa diperkuat bek andalan, Jordi Amat. Pemain Johor Darul Takzim itu menjalani hukuman satu laga akibat akumulasi kartu kuning, yang terakhir diterimanya pada laga imbang versus Thailand, Kamis lalu.

Sebagai pengganti Jordi Amat di jantung pertahanan, Shin Tae-yong bisa memilih Rizky Ridho atau Hansamu Yama untuk mendampingi kapten Fachruddin Aryanto.

Selain pertahanan, timnas Indonesia juga dituntut meningkatkan ketajaman, terutama penyelesaian akhir. Mengingat ada target untuk menang lebih besar dari Thailand, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan tak boleh menyia-nyiakan peluang seperti yang terjadi di pertandingan sebelumnya.

Soal ini, coach Shin sudah melakukan evaluasi dan berharap para suporter tetap memberikan dukungan. "Ini bagian dari evaluasi juga, tapi para pemain akan terus membaik dari pertandingan ke pertandingan. Kami harap dukungan akan selalu ada buat mereka," ujar Shin Tae-yong.

Prediksi Susunan Pemain Filipina vs Indonesia

Filipina (4-4-2): Julian Schwarzer; Simen Lyngbo, Amani Aguinaldo, Jefferson Tabinas, Audie Menzi; Oliver Bias, Arnel Amita, Mark Hartmann, Jesus Melliza; Stephan Schrock, Kenshiro Daniels;

Pelatih: Josep Ferre

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Marc Klok, Rachmat Irianto; Egy Maulana Vikri, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Dendy Sulistyawan;

Pelatih: Shin Tae-yong

Klasemen Grup A Piala AFF 2022:

#TimPWDLFAGDPts
1Thailand321010197
2Indonesia321010287
3Kamboja32019546
4Filipina310278-13
5Brunei4004222-200

Taktik Timnas Filipina

Para pemain Filipina menjanjikan performa terbaik saat melawan timnas Indonesia pada laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di Manila, Senin, 2 Januari 2023. Pelatih timnas Filipina Josep Ferre mengatakan bahwa para pemainnya sedang berada dalam motivasi tinggi untuk meraih kemenangan.

"Melawan Indonesia menjadi momen bagus bagi kami untuk membuktikan diri. Saya percaya kepada pemain saya dan motivasi mereka," ujar Josep dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu, 1 Januari 2022.

Juru taktik asal Spanyol tersebut menyadari kualitas timnas Indonesia di atas skuad Filipina. Namun, Filipina bukanlah kesebelasan yang kalah sebelum bertanding meski mereka sudah dipastikan tidak lolos dari fase grup Piala AFF 2022.

Menurut Josep, ketika mengenakan seragam tim nasional, setiap pemain harus memiliki tujuan. Saat bersua Indonesia, kata dia, tujuan para pemain adalah memberikan kebanggaan kepada masyarakat Filipina, baik yang hadir maupun yang tidak hadir di stadion. "Kami mesti menunjukkan penampilan maksimal kepada semua orang," tutur pria berusia 39 tahun itu.

Untuk mengantisipasi permainan Indonesia, Josep Ferre mengaku sudah menyiapkan taktik khusus. Salah satunya, tidak membiarkan Indonesia melepaskan umpan-umpan silang ke kotak penalti. Para pemain FIlipina harus mewaspadai operan panjang para pemain Indonesia yang mengarah langsung ke daerah pertahanan.

Josep akan menerapkan strategi bertahan dan berusaha mencuri celah melalui serangan balik. Menurut dia, ini dilakukan karena kualitas individu pemain Indonesia yang berada di atas pemain Filipina. "Kami akan berjuang keras sampai akhir demi hasil yang bagus di sini," tutur Josep.

BACA JUGA : Shin Tae-yong Puas dengan Perkembangan Timnas

Filipina juga memiliki dua keuntungan yang dapat dimanfaatkan untuk meraih kemenangan. Pertama, menurut Josep, kondisi lapangan pertandingan Stadion Rizal Memorial yang menggunakan rumput buatan akan membuat para pemainnya lebih percaya diri. Kedua, absennya bek tengah Jordi Amat.

"Jordi itu pemain berpengalaman dan bisa diandalkan, tetapi dia bisa digantikan siapa saja dengan level serupa. Akan tetapi, untuk lapangan, rumput artifisial ini akan sangat untuk Indonesia karena pantulan dan kecepatan bola menjadi tidak sama. Kami akan mengambil keuntungan dari situ," ujar dia.

Pertandingan pamungkas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina akan digelar pada pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB di Stadion Rizal Memorial, Manila. Partai tersebut penting bagi Indonesia karena akan menentukan langkah ke fase berikutnya. Indonesia akan menyegel slot di semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas Filipina

Untuk menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan melawan Kamboja, pada hari yang sama.

Saat ini timnas Indonesia berada di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9). Kamboja menguntit dari peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya bertengger Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20).

Taktik Indonesia

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, skuadnya harus efektif memaksimalkan peluang menjadi gol saat bersua Filipina di Manila pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022, Senin (2/1).

"Saya memotivasi pemain agar bisa mencetak gol begitu mendapatkan peluang. Namun, karena bermain di lapangan sintetis, kami harus fokus dan hati-hati agar tidak cedera," ujar Shin dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu meminta anak-anak asuhnya untuk menang dan membuat banyak gol ke gawang Filipina pada pertandingan di Stadion Rizal Memorial, mulai pukul 19.30 WIB, agar dapat keluar sebagai juara Grup A Piala AFF 2022.

Untuk menjadi pemimpin grup, Indonesia wajib menang besar demi melampaui selisih Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan bersua Kamboja, juga pada Senin (2/1).

Andai skenario itu terjadi, Indonesia mendapatkan beberapa keuntungan seperti, memiliki waktu istirahat lebih panjang sebelum bertarung di semifinal. Kalau menjadi juara Grup A, Indonesia baru menjalani pertandingan pertama semifinal pada 7 Januari 2023 kontra peringkat kedua Grup B.

Jika merebut kursi "runner up", skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong akan melakoni laga leg satu babak empat besar pada 6 Januari 2023 versus juara Grup B.

Keuntungan kedua kalau memimpin Grup A, Indonesia berhak tandang pada leg pertama semifinal, lalu menyambut tamunya pada leg kedua di rumah sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Hal positif lainnya umpama Indonesia merebut tempat terbaik di Grup A adalah terhindar dari juara Grup B, yang diyakini adalah Vietnam. Di Grup B, saat ini Vietnam (tujuh poin), Singapura (tujuh poin) dan Malaysia (enam poin) berebut kelolosan dari penyisihan grup.

Baca juga: Timnas Indonesia waspadai efek rumput sintetis Stadion Rizal Memorial

"Untuk mencetak banyak gol, pemain harus bekerja maksimal di lapangan. Akan tetapi, kadang keberuntungan juga berperan. Kami pun mesti melihat hasil pertandingan Thailand melawan Kamboja," tutur Shin.

Sementara soal lapangan dengan rumput artifisial di Stadion Rizal Memorial, Shin mewanti-wanti skuadnya lantaran struktur rumput buatan yang berbeda dapat mendatangkan cedera, setidak-tidaknya lecet.

Kondisi tersebut berpotensi mengganggu pergerakan dan performa pemain di lapangan.

"Oleh sebab itu, kami mesti bermain maksimal sekaligus hati-hati," kata Shin.

Head to Head Filipina vs Indonesia:

25/11/2018 - Indonesia 0-0 Filipina

22/11/2016 - Indonesia 2-2 Filipina

25/11/2014 - Filipina 4-0 Indonesia

14/08/2013 - Indonesia 2-0 Filipina

05/06/2012 - Filipina 2-2 Indonesia

Prediksi Skor Filipina vs Indonesia:

Filipina punya keuntungan dengan status sebagai tuan rumah dan adaptasi pada pertandingan di lapangan rumput sintetis. Namun, Indonesia punya kedalaman skuad yang lebih matang dibandingkan dengan skuad pada Piala AFF 2020. Timnas Indonesia diprediksi bisa memetik kemenangan meski dengan skor tipis.

Skor Filipina vs Indonesia: 1-4

Skor Filipina vs Indonesia: 0-3

Skor Filipina vs Indonesia: 1-3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Padat Karya Bantul Berdayakan Warga Miskin di 70 Kalurahan

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement