Advertisement

Amies Rais Sebut Partai Ummat Gagal karena Pemerintah, PDIP Beri Respons

Surya Dua Artha Simanjuntak
Jum'at, 16 Desember 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Amies Rais Sebut Partai Ummat Gagal karena Pemerintah, PDIP Beri Respons Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam diskusi Election Corner yang diselenggarakan Fisipol UGM, di Yogyakarta, Senin (10/10/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membantah tuduhan Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais yang mengira ada upaya dari pemerintah untuk menggagalkan Partai Ummat jadi peserta Pemilu 2024.

Sebagai informasi, dari 18 partai politik yang dilakukan verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya Partai Ummat yang tidak lolos. Akibatnya mereka tak ditetapkan jadi peserta Pemilu 2024.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Hasto mengatakan, sebenarnya PDIP tak ingin mencampuri urusan partai politik lain. Meski begitu, Amien Rais sudah menyampaikan tuduhan kepada pemerintah.

“Apa yang disampaikan Pak Amien sama sekali tidak benar. Tak ada permainan rezim,” ujar Hasto dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (16/12/2022).

Dia pun menyinggung soal perpecahan antara Partai Amanat Nasional (PAN) yang dulu dipimpin oleh Amien Rais. Menurutnya, Amien Rais harus bercermin dari kesalahannya.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Jatim Jadi Tersangka Suap Dana Hibah

Hasto mengatakan, ketidakkompakan antara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Amies Rais adalah pangkal masalahnya.

“PAN ini kan tradisinya kan sangat lama. PAN lahir dari reformasi. Jadi kenapa [Amien Rais] meninggalkan Partai Amanat Nasional?” ungkapnya.

Dia pun berpendapat, Amien Rais hanya coba menyalahkan pihak lain untuk menutupi ketidakmampuannya membawa Partai Ummat jadi peserta Pemilu 2024.

“Ini karena ketidakkompakan. Jangan pemerintahnya yang disalahkan. Kemudian karena ketidakmampuan melakukan konsolidasi, jangan pemerintahnya yang disalahkan. Buktinya yang lain lolos,” tegas Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringatan 1 Abad NU di Lapangan Paseban Nanti Malam, Ini Rekayasa Arus Lalu Lintas

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Hyatt Regency Yogyakarta Hadirkan Sunday Brunch dengan Live Painting

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement