Advertisement

Tak Cuma Parang Lereng, Motif Batik Ini Juga Dilarang Dipakai Tamu Pernikahan Kaesang-Erina

Kurniawan
Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Tak Cuma Parang Lereng, Motif Batik Ini Juga Dilarang Dipakai Tamu Pernikahan Kaesang-Erina Siraman Kaesang Pangarep - JIBI/Putut Hartanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Beberapa motif batik dilarang dipakai oleh tamu pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kesang Pangarep dengan Erina Gudono, Sabtu besok (10/12/2022).

Selain motif parang yang dilarang karena motif itu hanya boleh dipakai para raja, motif batik slobog juga sebaiknya dihindari.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pemerhati sejarah Kota Solo, Dani Saptoni, menjelaskan batik motif parang hanya dipakai para raja. “Batik parang khusus untuk pakaian raja-raja, pangeran, keluarga inti raja. Motifnya miring-miring itu,” ujarnya saat diwawancarai Solopos.com (Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI), Jumat (9/12/2022).

Selain motif parang yang dilarang dipakai tamu pernikahan Kaesang, Ketua Komunitas Solo Societeit itu mengatakan ada motif lain yang pantang atau tidak boleh dipakai untuk menghadiri acara pernikahan. Bila batik motif ini dipakai di acara pernikahan akan terkesan mendoakan sesuatu yang buruk.

“Yang juga tidak boleh dipakai ketika menghadiri acara pernikahan yaitu batik motif slobog. Soalnya batik motif ini dipakai untuk melayat atau takziah. Selain dipakai melayat, juga oleh prajurit yang akan maju perang,” terang dia.

BACA JUGA: Tamu Pernikahan Kaesang Dilarang Pakai Batik Parang Lereng? Ini Alasannya

Dani menjelaskan motif batik sangat banyak dan mengandung kesan sendiri-sendiri. Setiap motif batik punya kekhususan penggunaan maupun larangan penggunaannya. Sehingga masyarakat harus jeli saat akan memakai batik.

“Contohnya motif parang yang khusus untuk raja. Nganten nggo parang ora entuk. Dalam tradisi masyarakat Jawa itu perwujudan pertentangan eksistensi kerajaan Mataram zaman dulu. Parang dengan lereng sama,” ucap dia.

Motif batik slobog/Instagram

Batik slobog merupakan batik yang mewakili salah satu tahapan hidup manusia. Batik asal Solo ini digunakan untuk mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya. Batik slobog diambil dari bahasa Jawa, lobok, yang memiliki arti longgar.

Batik ini memiliki motif geometris, berbentuk kotak-kotak yang dipisah dua garis sehingga membentuk empat potongan segitiga. Pada salah satu sisi motif yang terpisah garis terdapat bulatan yang dikelilingi enam titik kecil.

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan ijab kabul di Jogja pada Sabtu (10/12/2022) dan tasyakuran di Solo pada Minggu (11/12/2022). Lebih dari 6.000 undangan telah disebarkan.

Para tamu kategori VIP diprediksi mulai berdatangan di Solo pada Sabtu hingga Minggu. Mereka akan menginap di 12 hotel, dan saat acara akan dijemput menggunakan armada shuttle bus menuju Pura Mangkunegaran Solo.

Sedangkan bagi tamu undangan biasa disediakan tempat parkir di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan Solo. Dari situ mereka juga akan diangkut menggunakan ratusan shuttle bus yang telah disediakan pihak panitia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Longsor, Belasan Pengendara Motor Jatuh di Jalur Cinomati

Jogja
| Jum'at, 03 Februari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Jajal Sensasi Petik Buah Sendiri di 4 Destinasi Jogja Ini, Puas Lur!

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement