Advertisement

Sukabumi Diguncang Gempa 5,8 M, Tiga Rumah Dilaporkan Rusak

ST22
Kamis, 08 Desember 2022 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Sukabumi Diguncang Gempa 5,8 M, Tiga Rumah Dilaporkan Rusak Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Gempa bumi dengan magnitudo 5,8 kembali melanda wilayah Kota Sukabumi, Kamis (8/12/2022) pagi ini pukul 07.50 WIB. BMKG melaporkan pusat gempa berada di darat dengan jarak 20 km tenggara Kota Sukabumi dengan kedalaman 104 km . Gempa bumi tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami.

Seusai kejadian tersebut belum ada laporan korban atau kerusakan yang signifikan di Kota Sukabumi. Hingga Kamis siang, diterima laporan dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) bahwa ada tiga unit rumah mengalami kerusakan di dua kecamatan yang berbeda.

Advertisement

Rumah pertama milik Iis berada di Kampung Panagan RT 05 RW 09, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kerusakan terjadi pada bagian dinding kamar tidur dan kamar mandi roboh.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca, Hari Ini: Siang Ini, Kota dan Sleman Dilanda Hujan Petir

Sedangkan dua rumah lainnya berada di Kampung Bojongkawung, RT 01 RW 08, Desa Giri Jaya Kecamatan Nagrak yakni milik Cepi dan Babas. Tidak ada korban jiwa dari ketiga rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan itu.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi atau patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia. "Ini populer disebut sebagai gempa intraslab atau gempa Benioff," kata dia, dikutip dari Antara.

Sejumlah kota di sekitar Sukabumi juga merasakan getaran dari gempa bumi tersebut antara lain Rancaekek, Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Cianjur, Sumur, Jakarta Selatan, Garut, Bekasi, dan Tangerang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement