Advertisement

Lanjutkan Tour 30 Tahun, Dewa 19 Menghentak Solo

Sirojul Khafid
Minggu, 27 November 2022 - 07:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Lanjutkan Tour 30 Tahun, Dewa 19 Menghentak Solo Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Solo, Sabtu (26/11/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Dewa 19 kembali menyapa baladewa dan baladewi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/11/2022). Konser ke-19 dalam rangka memperingati 30 Tahun Dewa 19 ini menghadirkan empat vokalis dan dua drummer.

Personil yang tampil di antaranya Ahmad Dhani, Ari Lasso, Once Mekel, Ello, Virzha dan juga drummer Tyo Nugros membawakan 30 lagu hits mereka. Berlangsung di Edutorium UMS, promotor RedLine Kreasindo mengklaim gelaran ini menjadi konser indoor terbesar yang pernah berlangsung di Solo belakangan ini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Para penontom sudah mulai berdatangan di area konser sejak pukul 17.00 WIB. Mayoritas penggemar memakai kaos hitam. Kebanyakan dari mereka juga memakai kaos berlambangkan band asal Surabaya ini. Tidak hanya lambang band, beberapa kaos juga menampilkan wajah para personil.

Antrian masuk semakin mengular sekitar pukul 18.30 WIB. Sembari menunggu idolanya naik panggung, para penggemar sesekali menyanyikan lagu-lagu milik Dewa 19.

Ahmad Dhani dan kawan-kawan mulai beraksi sekitar pukul 20.15 WIB. 'Cukup Siti Nurbaya' dan 'Restu Bumi' menjadi lagi pembuka yang diiringi teriakan para baladewa dan baladewi yang sudah semenjak sore menunggu.

Marcello Tahitoe dan Virzha membuka rangkaian konser ini. Setelah dua lagu awal, Dhani menyampaikan apabila 30 lagu yang akan mereka bawakan tidak semuanya populer. “Tidak semua lagu yang kami bawakan terkenal, mohon maaf penonton yang enggak tahu lagunya,” kata Dhani. “Mohon maaf untuk yang bukan baladewa baladewi beneran.”

Lagu ketiga yang Dewa 19 bawakan berjudul 'Still I Am Sure We'll Love Again'. Karya yang sudah berumur 28 tahun ini merupakan karya almarhum Erwin Prasetya, yang juga mantan personil band ini.

Secara bergantian Dhani, Marcello, dan Virzha kemudian membawakan lagu-lagu seperti 'Cinta Gila', 'Sudah', 'Takkan Ada Cinta yang Lain', 'Romeo Juliet', 'Pangeran Cinta', 'Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi', 'Larut', 'Aku Cinta Kau dan Dia', 'Hadapi dengan Senyum', dan 'Angin'.

“Solo merupakan kota yang spesial. Tempat ini menjadi lokasi konser awal-awal Dewa 19, waktu itu kami konser Desember 1992,” kata Dhani di sela-sela konser.

Penampilan kejutan di tengah konser berasal dari Mulan Jameela. Dia membawakan lagu 'Wonder Women', 'Risalah Hati', dan 'Makhluk Tuhan Paling Seksi'.

Keseruan berlanjut saat Once Mekel menggantikan vokalis sebelumnya. Tidak hanya itu, drummer Tyo Nugros juga turut bergabung. Setiap kali kamera menyorot Tyo, para penonton histeris. Once menyanyikan beberapa lagu yaitu 'Dua Sejoli', 'Pupus', 'Cemburu', 'Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia', 'Dewi', 'Sayap-Sayap Patah', 'Hidup Adalah Perjuangan', 'Satu', dan 'Roman Picisan'.

Saat lagu 'Roman Picisan' sedang berjalan, Ari Lasso bergabung dan berduet bersama Once. Setelah Once ke belakang panggung, Ari membawakan lagu seperti 'Cinta kan Membawamu', 'Elang', 'Aku Milikmu', dan 'Kirana'.

Di sela-sela penampilannya, Ari menyampaikan terima kasih atas dukungan penggemarnya selama dia sakit kanker. “Sembilan bulan saya bertempur dengan penyakit, sekarang diberi kesempatan bertemu kalian. Terima kasih dukungannya,” katanya.

'Kangen', 'Kamulah Satu-Satunya', dan 'Separuh Nafas' menjadi tiga lagu penutup penampilan Dewa 19 malam itu.

Salah satu penonton, Afi, 28, datang dari Jogja. Lantaran jarak yang tidak jauh, dia baru berangkat sore harinya. "Sebenarnya jarang nonton konser, tapi tour Dewa 19 kali ini cukup spesial. Para vokalis datang semua, termasuk Ari Lasso dan Once yang sudah lama tidak bermain bersama band ini," kata Afi.

Dia tidak ingat betul sejak kapan mendengar lagu Dewa 19. Yang pasti, salah satu yang menbuatnya suka dengan band ini lantaran mayoritas lagunya bagus. "Kalau nyetel lagu mereka enggak perlu banyak skip. Random aja banyak yang bagus," katanya.

Penonton lain, Iza, 36, datang ke konser Dewa 19 bersama istrinya. Perjalanan jauh dari Bogor dia lakoni untuk bertemu dengan idolanya. Lagu-lagu Dewa 19 menemani perjalanan masa mudanya hingga saat ini.

"Ini momen yang spesial, pertama kali nonton personil lengkap dalam rangka ulang tahun ke-30," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

STIKOM Yogyakarta Adakan Seminar and Creative Exhibition 2023 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Jogja
| Senin, 30 Januari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta Buka Hari Ini, Wajib Coba 3 Sajian Kuliner Ini

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement