Advertisement

Luhut: Putin Hadir Virtual di KTT G20 Bali

Wibi Pangestu Pratama
Sabtu, 12 November 2022 - 21:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Luhut: Putin Hadir Virtual di KTT G20 Bali Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. ANTARA FOTO - BPMI/Laily Rachev

Advertisement

Harianjogja.com, BADUNG — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menginformasikan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 secara virtual.

Hal tersebut disampaikan oleh Luhut dalam konferensi pers Siap Sambut G20 di Media Center G20 Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/11/2022). Luhut hadir usai meninjau berbagai persiapan pelaksanaan KTT G20.

Advertisement

Dia menyampaikan bahwa sudah terdapat 17 pemimpin negara yang mengonfirmasi kehadirannya secara fisik di Bali ketika KTT G20, 15—16 November 2022. Sebagian delegasi dari negara-negara itu bahkan sudah berada di Pulau Dewata.

Luhut mengonfirmasi bahwa Putin memang tidak akan hadir ke Bali karena harus menyelesaikan sejumlah isu domestik. Namun, Luhut menyebut bahwa Putin akan turut mengikuti pertemuan dari Rusia.

Baca juga: Surya Paloh Masih Tunggu Dukungan Jokowi untuk Anies di Pilpres 2024

"[3 kepala negara yang tidak hadir] saya kira ada yang virtual. Putin virtual," ujar Luhut pada Jumat (12/11/2022).

Awalnya, Putin dikabarkan akan hadir di KTT G20 Bali. Namun, beberapa hari lalu terkonfirmasi bahwa dia akan tetap berada di Rusia.

Kehadiran Putin di Bali menjadi sorotan karena Rusia melakukan serangan ke Ukraina sejak Februari 2022. Serangan itu menyebabkan guncangan ekonomi global, bahkan hingga tahun depan.

Kedatangan Putin ke KTT G20 pun sangat diharapkan karena Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjadi tamu undangan Presidensi Indonesia. Publik mengharapkan adanya resolusi perdamaian kedua negara dalam pertemuan G20 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement