Advertisement

Begini Penjelasan Anies Soal Deklarasi Parpol Calon Pengusungnya yang Tertunda

Surya Dua Artha Simanjuntak
Kamis, 10 November 2022 - 20:57 WIB
Budi Cahyana
Begini Penjelasan Anies Soal Deklarasi Parpol Calon Pengusungnya yang Tertunda Bakal calon presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AH) di kantor DPP Partai Demokrat Jakarta, Jumat (7/10/2022). - JIBI/Bisnis.com/Pernita Hestin Untari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengatakan Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih membicarakan deklarasi koalisi bersama.

Sebagai informasi, NasDem, Demokrat, dan PKS merupakan calon mitra koalisi pengusung Anies. Meski begitu, hingga kini ketiga partai politik (parpol) tersebut belum resmi mendeklarasikan koalisi bersama.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Ya saat ini sedang dalam pembicaraan. Masing-masing partai memiliki proses, prosedur yang harus dilewati,” jelas Anies kepada awak media di Jakarta Convention Center, Kamis (10/11/2022).

Anies berpendapat, masing-masing parpol harus melakukan proses yang panjang sebelum mengambil keputusan. Anies mencontohkan, NasDem memerlukan waktu empat bulan sebelum memutuskan untuk mendeklarasikan dirinya sebagai capres usungan partai pada 3 Oktober lalu.

“Partai NasDem sudah memulai sejak bulan Juni yang lalu, ketika tanggal 15 Juni mereka menyelenggarakan rakernas. Sesudah proses rakernas itu ada tiga nama yang diusulkan [jadi capres]. Itu Juni, Juli, Agustus, September, lalu Oktober dibuat keputusan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Anies mengatakan Demokrat dan PKS masih akan menjalankan proses sama, namun sesuai ketentuan masing-masing parpol.

Dia mengaku akan menghormati proses masing-masing parpol. Anies hanya memastikan baik NasDem, Demokrat, dan PKS sudah membangun kebersamaan.

“Demokrat, PKS menjalankan proses sesuai dengan prosedur di tiap-tiap partai, jadi biarkan proses itu berjalan. Tetapi pembicaraan, kemudian kebersamaan, itu sudah terbangun,” ucap mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Warga Pakuncen Lestarikan Tradisi Tetesan Untuk Anak Perempuan

Jogja
| Minggu, 04 Desember 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement