Advertisement

Pembentukan Desa Wisata Mandiri di Borobudur Jogja Prambanan Perlu Didorong

Galih Eko Kurniawan
Selasa, 25 Oktober 2022 - 14:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pembentukan Desa Wisata Mandiri di Borobudur Jogja Prambanan Perlu Didorong Pelatihan untuk pelaku pariwisata di kawasan Borobudur Jogja Prambanan digelar Kemenparekraf di Magelang, Jawa Tengah. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Tahap kedua pelatihan untuk pelaku pariwisata di kawasan Borobudur Jogja Prambanan yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif demi mendorong terbentuknya desa wisata mandiri.

Pelatihan yang masuk dalam dalam agenda Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Desa Wisata ini dilaksanakan dalam dua tahap, yakni 22-27 Oktober 2022 dan 23-28 Oktober 2022 untuk 20 kampung/desa wisata di Magelang, Jawa Tengah.

Advertisement

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan pelatihan kewirausahaan ini merupakan kegiatan yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Kampanye Sadar Wisata 5.0 yang bertujuan mendukung peningkatan dan penyiapan sumber daya menusia (SDM) andal dan profesional di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Diharapkan kampung atau desa wisata mampu terus berbenah diri meningkatkan keterampilan dan kapasitasnya sehingga menjadi desa wisata mandiri, memiliki daya saing serta jadi lokomotif kebangkitan perekonomian di sektor parekraf,” tutur Menparekraf dalam rilis kepada Harian Jogja, Selasa (25/10/2022).

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Martini Mohamad Paham memaparkan kualitas dan kompetensi SDM pariwisata berperan signifikan dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata, termasuk di desa wisata.

Perwakilan dari Dinas Pariwisata Jogja, Husni Eko Prabowo, mengaku Jogja terbantu dengan adanya pelatihan karena pendapatan Jogja lebih banyak dari pariwisata. Alhasil, pelaku pariwisata menjadi aset penting bagi Kota Jogja.

Pelatihan kewirausahaan di lokasi pertama (22-27 Oktober 2022) diikuti perwakilan desa wisata di Jogja meliputi, Kampung Wisata Kadipaten, Taman Sari (Patehan), Kauman (Ngupasan), Sosromenduran, Purbayan, Warungboto, Rejowinangun, Sayidan (Prawirodirjan), Cokrodiningratan, dan Pakualaman (Gunung Ketur).

Di lokasi kedua (23-28 Oktober 2022), melibatkan perwakilan desa wisata yang berada di Kabupaten Magelang, Sleman, Klaten dan sekitarnya, meliputi Desa Wisata Prenggan, Candirejo, Tanjungsari, Ngargogondo, Wanurejo, Mendut, Bugisan, Kebondalem Kidul, Pereng, dan Bokoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement