Advertisement

Terpilih Jadi Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak Langsung Hadapi Tantangan Ekonomi

Erta Darwati
Selasa, 25 Oktober 2022 - 08:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Terpilih Jadi Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak Langsung Hadapi Tantangan Ekonomi Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris. / Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rishi Sunak memenangkan kontes pemilihan Partai Konservatif dan menjadi Perdana Menteri (PM) baru Inggris.

Sunak mengungkapkan dalam pidatonya bahwa Inggris sedang menghadapi tantangan ekonomi yang serius sehingga butuh stabilitas dan persatuan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Tidak diragukan lagi kita menghadapi tantangan ekonomi yang besar, kita sekarang membutuhkan stabilitas dan persatuan, dan saya akan menjadikannya prioritas utama saya untuk menyatukan partai dan negara kita," kata Sunak dikutip dari Bisnis.com, Selasa (25/10/2022).

Sunak langsung dihadapkan pada tugas berat memimpin Inggris dari kemerosotan ekonomi yang berpotensi membuat jutaan warganya lebih miskin.

Adapun, Rishi Sunak memenangkan suara dalam pemungutan di Partai Konservatif, beberapa hari sesudah Liz Truss mengundurkan diri sebagai PM Inggris karena gejolak ekonomi. Liz Truss mundur setelah kebijakan pemotongan pajaknya yang menghancurkan pasar dan krisis ekonomi terjadi di Inggris.

Satu-satunya penantang Sunak, Penny Mordaunt, pemimpin House of Commons dan mantan menteri pertahanan, dilaporkan hanya didukung oleh 30 anggota parlemen, sedangkan Sunak hampir 150 pendukung.

“Keputusan ini adalah keputusan bersejarah dan menunjukkan, sekali lagi, keragaman dan bakat partai kami, Rishi mendapat dukungan penuh saya," kata Mordaunt yang mengundurkan diri dari kontes pemilihan hanya beberapa menit sebelum pemenang diumumkan.

Aljazeera menyebut Sunak akan menjadi pemimpin Inggris dengan kulit gelap pertama dan orang Hindu pertama yang menduduki posisi PM Inggris.

Advertisement

Sunak juga menjadi perdana menteri termuda dalam lebih dari 200 tahun.

Sunak diprediksi akan memberlakukan pemotongan pengeluaran yang dalam, untuk mencoba membangun kembali reputasi fiskal Inggris, di saat negara itu menuju ke dalam resesi.

Dia juga akan mewarisi sebuah partai politik yang telah retak, sebuah tantangan besar untuk pemimpin Partai Konservatif.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Stok Darah di PMI DIY Sabtu 3 Desember 2022

Jogja
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement