Advertisement

Dua Bom Meledak di Penjara Myanmar, Delapan Orang Tewas

Erta Darwati
Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Dua Bom Meledak di Penjara Myanmar, Delapan Orang Tewas Ilustrasi warga binaan di dalam sel. - Antara/Oky Lukmansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTABom meledak di penjara Insein Myanmar di Yangon dan menewaskan delapan orang.

Dua bom parsel meledak di pintu masuk penjara Insein pada Rabu (19/10/2022) pagi dan menewaskan tiga staf penjara dan lima pengunjung. 

Advertisement

Penjara Insein merupakan penjara terbesar di Myanmar, yang di dalamnya bisa menampung sekitar 10.000 tahanan, dan banyak dari penghuninya adalah tahanan politik.

Pelaku pemboman belum diketahui, dan hingga saat ini belum ada kelompok yang bertanggung jawab atas serangan tersebut dikutip dari BBC, Rabu (19/10/2022).

Selain korban tewas, terdapat 18 orang lainnya juga mengalami luka-luka dan kabar ini telah dikonfirmasi oleh pejabat setempat.

Bom meledak di ruang pos penjara, dan ada juga bom lainnya yang ditemukan tetapi tidak meledak, hanya terbungkus kantong plastik.

Pihak yang berwenang membenarkan bahwa lima pengunjung dinyatakan tewas, yaitu para wanita dan kenalan dari para tahanan.

Korban tewas tersebut salah satunya yaitu ibu dari pemimpin mahasiswa Ko James yang ditangkap oleh otoritas militer Myanmar pada bulan Juni 2022 lalu. 

Ibu dari Ko James saat kejadian sedang mengunjungi penjara untuk mengirimkan sekotak nasi kepada putranya, di pekan persidangan pengadilan.

Sementara itu, penjara Insein Myanmar merupakan kompleks yang luas dan dijaga ketat di pinggiran bekas ibu kota, seperti dikutip dari BBC pada Rabu (19/10/2022).

Kelompok HAM mengungkap bahwa penjara Insein yang telah berusia seabad tersebut dikenal karena perlakuan tidak manusiawi terhadap para tahanan.

Kini Myanmar dijalankan oleh junta militer yang sebelumnya telah berhasil menggulingkan pemerintah sipil terpilih yaitu Aung San Suu Kyi pada tahun lalu dalam kudeta kekerasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement