Advertisement

Ganjar Dukung Gibran Maju Jadi Gubernur Jateng

Newswire
Sabtu, 15 Oktober 2022 - 16:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ganjar Dukung Gibran Maju Jadi Gubernur Jateng Gibran Rakabuming Raka - Antara/Aprilio Akbar

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendukung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi suksesor dirinya sebagai Gubernur Jawa Tengah di masa mendatang.

“Selamat, kok restu ki lho, restu opo ditekoni sik, kalau mas Gibrannya mau ya bagus itu kan potensinya oke. Kalau saya, saya dukung,” jelas Ganjar usai Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang digelar di Hotel Mercure Solobaru, dikutip dari Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, Sabtu (15/10/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sebelumnya Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dikabarkan menjadi figur yang paling diminati warga Jateng untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah. Sementara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga diunggulkan sebagai calon presiden.

Keunggulan Gibran dan Ganjar terungkap dalam survei yang dilakukan lembaga survei Charta Politika pada periode 20-27 September 2022. Survei itu khusus mengambil responden di wilayah Jawa Tengah. Survei itu menanyakan sejumlah hal seperti siapa calon gubernur Jateng, siapa calon presiden, dan siapa calon wakil presiden yang dipilih seandainya pilkada dan pilpres digelar saat itu ketika para responden mendapat pertanyaan.

Baca juga: Gibran Berpeluang Menang di Pilkada Jateng daripada DKI Jakarta

Tingkat elektabilitas Gibran disebut tertinggi di angka 37,7 persen, unggul jauh dibandingkan figur-figur lain. Di posisi kedua ada nama Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Jateng sekarang, dengan elektabilitas 12,5 persen.

Sementara mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, yang baru saja dilantik sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) duduk di posisi ketiga dengan elektabilitas 7,7 persen. Di posisi ke empat ada nama mantan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, dengan elektabilitas 4,7 persen. Gibran sudah selalu mendominasi dalam survei elektabilitas oleh Charta Politika sejak 2021.

Saat itu, Charta Politika merilis hasil survei periode 28 September 2021 hingga 3 Oktober 2021 yang menunjukkan dominasi Gibran dalam popularitas dan elektabilitas. Popularitas Gibraan saat itu sudah di angka 52,8 persen. Sedangkan tingkat elektabilitas dia di angka 34,8 persen.

Advertisement

Keunggulan elektabilitas Gibran mendapat respons Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng Pramestuti. Saat diwawancara wartawan di The Sunan Hotel Solo, Kamis (13/10/2022), dia menyebut Gibran dari hari ke hari tambah keren.

“Ini Mas Gibran tambah keren ya. Tambah hari tambah keren dah. Hebat pokoknya,” ujar dia saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (13/10/2022). Tapi Agustina menyatakan PDIP belum memutuskan ihwal siapa calon Gubernur Jateng dalam Pilkada Serentak 2024.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sleman Inklusi Siap Wujudkan Disabilitas Unggul

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement