Advertisement

BLT UMKM 2022 Belum Cair, Begini Penjelasan Menteri Teten 

Khadijah Shahnaz
Kamis, 06 Oktober 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
BLT UMKM 2022 Belum Cair, Begini Penjelasan Menteri Teten  Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki (tengah). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Bantuan langsung tunai (BLT) usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk membantu permodalan belum disalurkan pemerintah. Padahal sebelumnya, BLT UMKM disebut-sebut akan cair pada Oktober 2022.

Menteri Koperasi UKM Teten Masduki mengatakan pencairan BLT UMKM saat ini masih dibahas bersama dengan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian untuk kapan penyalurannya.  

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"BLT UMKM saat ini belum ada keputusan [cair], jadi masih dibicarakan di Kementerian Perekonomian" kata Teten, Kamis (6/10/2022) 

Sebelumnya, pemerintah mengatakan akan segera melakukan pencairan BLT UMKM 2022 pada Oktober 2022. Penyaluran BLT UMKM tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.134/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022, penyaluran bansos tersebut juga akan menyasar ke angkutan umum, ojek, hingga nelayan.

BACA JUGA: Raja Charles III Sampaikan Dukacita Atas Tragedi Kanjuruhan

Teten pun menilai untuk pelaku UMKM saat ini sudah dapat bertahan, sehingga pihaknya akan memfokuskan pada nelayan kecil. Hal ini dikarenakan biaya produksi untuk nelayan 60 persennya mencangkup pembelian bahan bakar minyak (BBM), yang belum lama ini mengalami kenaikan harga.

"Kami sekarang kerja sama dengan Kementerian BUMN dan Pertamina, untuk akses nelayan mendapat solar dan BBM dengan harga yang wajar dan bukan dari pengecer," jelasnya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan pemerintah daerah untuk menyalurkan 2 persen dana transfer umum senilai Rp2,17 triliun untuk bansos kepada pelaku UMKM, nelayan dan ojek.

Advertisement

Besaran BLT UMKM disebut akan senilai dengan besaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp1,2 juta yang telah dilakukan tahun lalu. Saat ini, program BLT UMKM masih dalam tahap pematangan agar penyaluran tepat sasaran.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ada 6.019 Penyandang Disabilitas di Gunungkidul, Bupati Beri Janji kepada Mereka

Jogja
| Jum'at, 09 Desember 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement