Advertisement

NasDem Deklarasikan Anies jadi Capres, Ini Respon Partai Demokrat

Surya Dua Artha Simanjuntak
Senin, 03 Oktober 2022 - 15:47 WIB
Jumali
NasDem Deklarasikan Anies jadi Capres, Ini Respon Partai Demokrat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait pernyataan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Jakarta, Senin (23/3/2021). - ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Partai Demokrat menyambut baik keputusan Partai NasDem untuk mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) usungannya pada Pilpres 2024.

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengakui bahwa pihaknya punya kedekatan dengan NasDem. Dia mengaku, Demokrat selalu menghormati kemandirian dan independen si setiap partai politik dalam mengambil keputusan.

Advertisement

BACA JUGA : Anies Jadi Capres NasDem

"Karena itu pula Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai capres dari partai NasDem untuk Pilpres 2024," ujar Herzaky kepada awak media di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Dia menjelaskan, ciri capres yang akan diusung Demokrat yaitu punya integritas, kapabilitas, elektabilitas, chemistry, serta memiliki semangat perubahan dan perbaikan. Menurutnya, Anies merupakan sosok yang punya itu semua.

Tak hanya itu, Herzaky mengklaim bahwa Anies memiliki kedekatan khusus dengan ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. "Sejauh ini rekam jejak Anies Baswedan ini memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang selama ini Demokrat perjuangkan," jelasnya.

Herzaky mengatakan, NasDem juga telah menginformasikan kepada Demokrat terkait rencana deklarasi Anies. Menurutnya, AHY berniat menemui langsung Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk membicarakan deklarasi tersebut. Meski begitu, AHY harus pergi ke Yogyakarta, sehingga Demokrat mengirim sekretaris jenderalnya, Teuku Riefky Harsya, untuk menemui Surya Paloh.

"Sebenarnya Mas AHY yang bertemu langsung dengan Surya Paloh, tapi karena sudah agenda di Jogja, soalnya sama kader, sama masyarakat, tentunya tidak enak untuk batalkan begitu saja. Jadi Mas AHY kirim sekjen yaitu Riefky," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement