Advertisement

Ini Warisan Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles III

Afiffah Rahmah Nurdifa
Sabtu, 17 September 2022 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Ini Warisan Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles III Ratu Elizabeth II semasa hidup. Pemimpin Kerajaan Inggri ini meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Buckinghampalaceroyal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Wafatnya Ratu Elizabeth II di usia ke-96 tahun pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat tak hanya mengundang duka bagi kerajaan hingga Persemakmuran Inggris, tetepi juga menimbulkan pertanyaan tentang warisan yang ditinggalkan oleh ratu terlama dalam sejarah Inggris tersebut.

Lantas, apa saja warisan yang ditinggalkan mendiang ratu kepada putranya yang kini telah rsmi menjadi Raja Charles III? Selain status yang diserahkan, Ratu Elizabeth II juga mewarisi istana, perhiasan, hingga lahan perkebunan.

Dilansir Washington Post, kekayaan Ratu Elizabeth II tidak dapat dipastikan secara rinci. Namun menurut Britain's Sunday Times kekayaannya diprediksi mencapai US$430 juta atau Rp6,4 triliun (kurs Rp14.999).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Namun, itu hanya sebagian kecil dari aset keluarga kerajaan. Forbes memperkirakan aset kerajaan mencapai nilai US$28 miliar atau Rp419 triliun untuk bisnis kerajaan yang dikenal sebagai 'Monarchy PLC'.

Kepemilikan resmi yang paling mengesankan yaitu Crown Estate, portofolio aset menckup properti mewah di London senilai US$19,2 miliar. Meski aset dimiliki oleh keluarga, namun itu masih berada dibawah kendali pemerintah Inggris.

Sementara itu, dikutip dari BBC.com, berikut ini kekayaan dan aset milik Ratu Elizabeth II, sebagai perempuan terkaya di Inggris, yang akan diwariskan kepada Raja Charles III.

Warisan Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles III:

  • Properti Kerajaan

Sebagian besar kekayaan Ratu Elizabeth II merupakan aset properti, perhiasan, prangko, dan karya seni. Ratu memiliki lahan yang luas untuk kediaman kerajaan dan tidak beberapa di antaranya tidak dapat dijual seperti Jalan Regent di London dan arena balap kuda Ascot di Berskhire.

Kerajaan memiliki properti dasar laut sepanjang 12 mil dari garis pantai yang merupakan proyek pembangkit listrik tenaga angin. Proyek tersebut memberikan royalti untuk Ratu.

Tak hanya itu, di tahun 2017 Ratu Elizabeth II juga mendapatkan bagian 15 persen dari laba properti kerajaan yang akan meningkat hingga 25 persen pada 10 tahun ek depan.

Advertisement

  • Mobil

Ratu memiliki kereta kuda, mobil Bentley yang telah dimodifikasi. Laporan pers Inggris memproyeksi koleksi mobil Ratu senilai lebih dari US10 juta dan Ratu pun memiliki lebih dari 30 Land Rover semasa hidupnya.

  • Perhiasan

Kerajaan Ingris merupaka kolonial terbesar dalam sejarah umat manusia. Tak heran jika keluarga tersebut memiliki sejumlah berlian terbaik termasuk bintang Afrika 530,2 karat. Berlian tersebut merupakan yang terbesar di dunia dan menjadi bagian dari tongkat kerajaan.

Tak hanya itu, Ratu memiliki berlian Koh-i-Noor yang awalnya dipakai sebagai bros oleh Ratu Victoria, Ratu Alexandra, dan ada pada mahkota penobatan Ibu Suri di tahun 1937.

Advertisement

  • Gaun dan Tas

Ratu kerap kali tertangkap memakai sepatu hak setinggi lima cm dan rok di bawah lutut. Topi yang dikenakan terlihat berlingkar kecil dan tinggi. Warna-warna pakaian yang disenangi Ratu Elizabet II yaitu warna pastel cenderung kuning lemon atau coral.

Hal ini memperlihatkan ketertarikan yang besar seorang Ratu Inggris terhadap penampilan atau fashion yang dikenakan. Diketahui, Ratu memiliki warna favorit yaitu Biru yang sering dikenakan saat hadir di acara olahraga.

Selain gaun, Sang Ratu juga terlihat familiar dengan tas jinjing yang sering dibawanya. Jumlah tas yang dimiliki Ratu disebut-sebut mencapai 200 tas dengan harga yang fantastis.

  • Angsa, Lumba-lumba, dan Kuda

Seluruh angsa putih tanpa tanda kepemilikan di Inggris dan Wales disebut milik kerajaan, berdasarkan hukum. Selain angsa, lumba-lumba dalam radius 4,8 km dari pantai juga diklaim milik Kerajaan Inggris.

Advertisement

Hukum kepemilikan tersebut dicetuskan pada 1324 ketika Raja Edward II menjabat. Kebijakan tersebut terus diwariskan hingga kini. Setelah Ratu meninggal, maka Raja Charles III yang disebut sebagai pemilik angsa dan lumba-luma tersebut.

Di samping itu, Ratu merupakan pencita anjing dan memiliki banyak kuda. Sang Ratu telah belajar menunggang kuda sejak kecil bersama kuda poni Shetland bernama Peggy yang merupakan hadiah ulah tahun ke-4 dari kakeknya, George V.

  • Koleksi Kerajaan

Ratu Elizabeth II mewarisi barang pribadi dari para pendahulu yang disimpan dalam Royal Collection, termasuk gaun pengantin milik Ratu Victoria. Bahkan, The Royal Collection juga menyimpan baju zirah milik Henry VIII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Pameran Sekati Ing Mall Meriahkan Plaza Malioboro

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement