Advertisement

Milad Ke-58, Unimma Didorong Capai Akreditasi Unggul

Nina Atmasari
Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:47 WIB
Nina Atmasari
Milad Ke-58, Unimma Didorong Capai Akreditasi Unggul Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma), Lilik Andriyani berpidato dalam peringatan milad (ulang tahun) ke-58 Unimma, Rabu (31/8/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) memperingati milad (ulang tahun) ke-58 pada Rabu (31/8/2022). Tahun ini, Unimma semakin memantapkan daya saing nasional dan rintisan internasionalisasi.

Rektor Unimma, Lilik Andriyani menjelaskan sejak lahir pada 1964, Unimma terus berkomitmen menghasilkan lulusan yang unggul, berorientasi pada kebutuhan stakeholders dan perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi.

"Unimma telah berhasil meraih akreditasi B yang secara terus menerus berkomitmen untuk meningkatkan mutu, sehingga akreditasi institusi unggul dapat tercapai. Delapan dari 22 program studi telah terakreditasi A dan sangat bermakna karena merupakan buah dari peningkatan kuantitas," kata Lilik Andriyani, dalam Orasi Ilmiah Milad ke-58 Unimma, Rabu.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Baca juga: Bantul Jadi Pusat Ekonomi Kreatif, Lebih Unggul daripada China

Secara terus menerus, katanya, Unimma melakukan perbaikan agar semua prodi mencapai akreditasi unggul bahkan internasional. Strategi pengembangan Unimma diturunkan dari milestone empat tahunan. Pada milestone 2020-2024 Unimma membulatkan tekad untuk menjadikan 2022 sebagai bagian dari tahun pemantapan daya saing nasional dan rintisan internasionalisasi dalam rencana jangka menengah Unimma tahun 2020-2024.

"Tekad ini terkandung komitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas capaian pembelajaran lulusan, kualitas hasil penelitian dan faktor dampak dari pengabdian kepada masyarakat, serta perbaikan kondisi masyarakat serta aktivitas dakwah Islamiyah seluruh civitas akademika," katanya.

Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Lincoln Arsyad yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan dengan Milad ke 58 ini Unimma semakin matang dan semakin mendekati prasyarat untuk mendapatkan akreditasi unggul.

Baca juga: Sambut Puncak Acara Presidensi G20, Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Kesiapan SPKLU PLN

"Saya berharap Unimma tidak lama lagi setahun atau dua tahun paling lama mendapatkan akreditasi unggul. Semoga prodi-prodinya diminati masyarakat. Perkembangannya bagus," kata Prof Lincoln.

Advertisement

Ia menyebutkan Muhammadiyah saat ini memiliki 173 universitas, dan enam di antaranya sudah terakreditasi unggul. Untuk dapat menjadi universitas unggul menurutnya perlu kerjasama semua, tenaga dosen, BPH (Badan Pembina Harian), PWM (Pimpinan Wilayah Muhammadiyah) dan masyarakat membantu agar mendapat akreditasi.

"Kalau sendiri sulit. Teman-teman di Unimma semoga kompak selalu karena kompak persatuan merupakan senjata maju ke depan. Tanpa itu nonsense. Unimma hampir sedikit lagi [akreditasi unggul]. Kalau sudah unggul akan datang mahasiswa, input-input terbaik," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Ini, Bayar Tiket Bisa Pakai GoPay

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement