Advertisement

Tiket Pesawat Mahal, Pemda Diminta Bantu Maskapai

Dany Saputra
Rabu, 24 Agustus 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Tiket Pesawat Mahal, Pemda Diminta Bantu Maskapai Bandara Hang Nadim, Batam. - batam/airport.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Peran pemerintah daerah untuk mendukung maskapai melalui sistem block seat dinilai menjadi kunci, di tengah harga tiket pesawat yang sedang naik tinggi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kerja sama antara pemerintah daerah dengan maskapai penerbangan (airlines) diharapkan bisa memaksimalkan okupansi pesawat, yang saat ini masih minim kendati berada pada rute-rute sibuk.

Advertisement

"Kuncinya yaitu ada kerja sama pemerintah daerah, airlines, dan masyarakat untuk [memaksimalkan] utilisasi. Karena walaupun di rute gemuk pada hari Senin-Kamis itu relatif kosong terutama siang [pukul] 10.00 - 15.00," terang Budi Karya selepas Rapat Kerja dengan Komisi V DPR, Rabu (24/8/2022).

Hasil kerja sama dengan pemerintah daerah melalui sistem block seat, okupansi diharapkan mencapai level maksimum sehingga mendongkrak pendapatan maskapai.

Pendapatan tersebut, lanjut Budi Karya, diharapkan bisa digunakan untuk menyediakan diskon tiket pada jadwal penerbangan pagi dan sore hari, serta pada akhir pekan.

Selain itu, Budi Karya menegaskan sudah berkomunikasi dengan Menteri BUMN guna mendorong peran maskapai.

"Pak Erick [Thohir] sudah ngomong Garuda mau turut [berperan] sama Citilink. Saya sudah bicara juga dengan Air Asia, sudah bicara juga dengan Lion. Mereka akan berpartisipasi," lanjut Menhub.

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Nur Isnin Istiartono mengatakan sudah bersurat ke pemerintah daerah terkait dengan kerja sama sistem block seat.

Contohnya, pemerintah Kabupaten Toraja yang memberikan dukungan kepada maskapai, melalui sistem block seat guna menjamin keterisian atau okupansi pesawat.

Selain itu, Nur Isnin menyebut telah bersurat kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) guna memberi insentif pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi avtur.

"Setau saya sudah [dikirim]," ujarnya di sela rapat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement