Advertisement

Gubernur Jateng Kukuhkan Paskibraka 2022

Media Digital
Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:37 WIB
Budi Cahyana
Gubernur Jateng Kukuhkan Paskibraka 2022 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Jawa Tengah tahun 2022. - Istimewa

Advertisement

SEMARANG—Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Jawa Tengah tahun 2022. Diharapkan ke-35 anak terpilih tersebut dapat menjalankan tugas dengan baik. Juga selalu membawa nilai-nilai kedisiplinan dan kecintaan kepada bangsa dan negara dalam kehidupan serta meraih cita-cita.

"Selamat untuk anak-anak yang hebat karena mereka bisa melalui proses seleksi yang fair dan bagus. Kami ingin mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik. Saya ucapkan selamat karena mereka pasti melalui proses yang cukup serius dan disiplin. Tadi kami pesankan bagaimana mereka mencintai bangsa dan negara ini melakukan suatu proses yang cukup panjang," kata Ganjar usai upacara pengukuhan Paskibraka Provinsi Jawa Tengah 2022 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Senin (15/8/2022) malam.

Advertisement

Usai pengukuhan, Ganjar sempat memberikan selamat secara langsung kepada 35 orang anggota Paskibraka itu. Ia menanyai satu per satu anggota mengenai latar belakang dan cita-cita. Daei dialog itu, banyak yang mengatakan bahwa terpilih sebagai anggota Paskibraka dapat membanggakan orang tua.

"Kalau mereka tadi saya tanyai satu-satu, orangtuanya bangga. Wah itu luar biasa. Ada juga yang menyampaikan, ini saya persembahkan untuk orangtua. Jadi dalam konteks hubungan anak dengan orangtua mereka tunjukkan hari ini. Ya saya bisa lolos, ya saya berprestasi, ya saya bisa membanggakan orangtua. Itu menurut saya value yang penting," ujar Ganjar.

Ganjar menjelaskan, terpilih menjadi anggota Paskibraka bukan hanya kebanggaan tetapi juga dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak lain untuk lebih disiplin. Sebab banyak anak-anak seusia mereka yang ingin tetapi belum dapat terpilih. Untuk itu pengalaman yang didapatkan, baik itu nilai-nilai kemanusiaan maupun kebangsaan agar bisa menjadi bekal di masa depan.

"Nilai-nilai itu yang mereka bisa menginternalisasikan, termasuk mereka mencintai bangsa dan negara ini. Membawa relasi yang baik antarsesama tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, golongan itu dididik mulai hari ini. Terus disiplin yang tinggi dididik hari ini. Kemudian mereka mempunyai cita-cita yang tinggi maka kita harapkan nilai-nilai yang hari ini mereka miliki bisa dibawa untuk menuju cita-cita yang diharapkan," jelasnya.

Fajar Anggadinata, anggota paskibraka perwakilan dari Kota Magelang, mengatakan selama upacara pengukuhan, Ganjar Pranowo memberikan pesan kepada seluruh anggota untuk menjaga ideologi Pancasila. Juga tentang kecintaan kepada bangsa dan negara.

"Kami sebagai para paskibraka penerus bangsa harus bisa menjaga, baik itu Pancasila maupun itu ideologi tersebut, karena dalam Ikrar Putra Indonesia kami juga disumpah. Kami berikrar bahwa kami putra-putri Indonesia dan bersumpah untuk menjaga Indonesia," ujar Fajar mengenai pesan dari Ganjar Pranowo.

Fajar menceritakan untuk dapat terpilih menjadi anggota Paskibraka Jawa Tengah tahun 2022 ini telah melewati proses yang panjang. Dimulai pada seleksi tahap pertama yang dilakukan beberapa bulan lalu hingga akhirnya lolos seleksi tingkat Provinsi. Setelah itu ia mengikuti program pemantapan yang diselenggarakan sejak tanggal 4 Agustus. Bersama 34 anggota lainnya, Fajar nanti akan bertugas dalam upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Provinsi Jawa Tengah di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Samarang.

"Pastinya kami dipilih dari yang terbaik dan kami melalui proses yang sangat panjang. Untuk prosesnya ada fisik dan mental. Dari kami yang tidak mengenal menjadi kenal, dari kami yang tidak dekat menjadi dekat. Di sini semua terbangun baik dari kekeluargaan dan lain-lain. Untuk Seleksinya sudah mulai beberapa bulan lalu, sedangkan untuk pemantapan mulai tanggal 4 Agustus 2022," ujar pelajar SMAN 3 Kota Magelang itu. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement