Advertisement

Mengingat Catatan 9 Agustus, Richard Nixon Mundur dari Kursi Presiden AS

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:47 WIB
Sirojul Khafid
Mengingat Catatan 9 Agustus, Richard Nixon Mundur dari Kursi Presiden AS Richard Nixon - IMDb

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pada 9 Agustus 1974, Richard Nixon menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang mundur dari jabatannya. Wapres Gerald Ford naik menggantikan Nixon.

Dalam pidato televisi malam pada tanggal 8 Agustus 1974, Presiden Richard M. Nixon mengumumkan niatnya untuk menjadi presiden pertama dalam sejarah Amerika yang mengundurkan diri. Dengan proses pemakzulan yang sedang berlangsung terhadapnya karena keterlibatannya dalam urusan Watergate, Nixon akhirnya tunduk pada tekanan dari publik dan Kongres untuk meninggalkan Gedung Putih.

Advertisement

“Dengan mengambil tindakan ini,” katanya dalam pidato serius dari Oval Office, “Saya berharap bahwa saya akan mempercepat dimulainya proses penyembuhan yang sangat dibutuhkan di Amerika.”

BACA JUGA: Viral, ABG Pengamen Boyolali 2 Bulan Tidur di Makam Ayahnya. Ini Kronologi Penemuannya

Tepat sebelum tengah hari keesokan harinya, Nixon secara resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden ke-37 Amerika Serikat. Sebelum berangkat bersama keluarganya dengan helikopter dari halaman Gedung Putih, dia tersenyum perpisahan dan dengan penuh teka-teki mengangkat tangannya sebagai tanda kemenangan atau salam damai.

Pintu helikopter kemudian ditutup, dan keluarga Nixon memulai perjalanan pulang ke San Clemente, California. Beberapa menit kemudian, Wakil Presiden Gerald R. Ford dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-38 di Ruang Timur Gedung Putih.

Mundurnya Nixon karena terseret kasus Watergate, dimana pada 30 Juli, di bawah paksaan Mahkamah Agung, Nixon akhirnya merilis kaset Watergate. Pada tanggal 5 Agustus, transkrip rekaman dirilis, termasuk segmen di mana presiden terdengar menginstruksikan Haldeman untuk memerintahkan FBI untuk menghentikan penyelidikan Watergate. Tiga hari kemudian, Nixon mengumumkan pengunduran dirinya.

BACA JUGA: Korsleting! Kios Gerabah di Prambanan, Klaten, Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 24 April 2024: PPDB Kelas Olahraga hingga Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement