Advertisement

Habiskan Rp198 Miliar, Taman Balekambang Solo Jadi Termewah di Asia Tenggara

R Bony Eko Wicaksono
Senin, 25 Juli 2022 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Habiskan Rp198 Miliar, Taman Balekambang Solo Jadi Termewah di Asia Tenggara Taman Balekambang Solo - JIBI/Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Taman Balekambang Solo bakal menjadi taman termewah di Asia Tenggara setelah revitalisasi yang menghabiskan dana Rp198 miliar rampung.

Dalam setahun, biaya pemeliharaan Taman Balekambang mencapai Rp2,4 miliar. Biaya ini pun diperkirakan naik setelah revitalisasi rampung.

Advertisement

BACA JUGA: Dear Moms, Cermati Tips Tingkatkan Kualitas Pola Asuh Anak Berkualitas

Kepala UPT Kawasan Wisata Taman Balekambang Sumeh mengatakan, biaya pemeliharaan dan perawatan taman kurang lebih mencapai Rp200 juta per bulan.

“Konsep awal gedung kesenian dibangun mewah dengan ornamen-ornamen di dalam gedung yang harganya cukup mahal, Hal ini berimbas pada biaya pemeliharaan taman senilai Rp2,4 miliar dalam setahun,” katanya dikutip dari Solopos, Jumat (22/7/2022).

Desain proyek revitalisasi Taman Balekambang menggabungkan unsur seni dan budaya, taman outdoor, serta pusat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan produk unggulan Kota Solo.

Taman ini pun bakal dilengkapi amphitheater atau gelanggang terbuka untuk pertunjukan hiburan dan seni.

Amphitheater itu terkoneksi dengan gedung kesenian di dalam area taman. Di atas taman, bakal dibangun jalan untuk pengunjung agar bisa menikmati pesona taman dari sudut pandang berbeda. Pengunjung bisa berjalan kaki menyusuri jalan yang menghubungkan sisi timur dengan sisi barat.

BACA JUGA: Mendesak! Investor Diarahkan Tanamkan Modal untuk Parkir Vertikal di Jogja

Taman ini juga akan menambahkan pintu masuk, setelah sebelumnya memiliki tiga pintu masuk yang ada di sisi barat, timur dan utara.

“Sementara posisi akses jalan tambahan di area parkir kendaraan bermotor yang letaknya di sisi barat pintu timur. Jadi total ada empat akses jalan di area taman,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement