Advertisement

440 Jabatan Perangkat Desa di Klaten Kosong

Taufik Sidik Prakoso
Minggu, 24 Juli 2022 - 18:27 WIB
Jumali
440 Jabatan Perangkat Desa di Klaten Kosong Ilustrasi Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa - Dok

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN — Sebanyak 440 kursi jabatan perangkat desa di Klaten yang kosong tersebar di 273 desa. Di sisi lain, di Klaten terdapat 391 desa dan 10 kelurahan.

Kabid Penataan dan Administrasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten, Agung Kristantana, mengatakan tahapan dan pelaksanaan pengisian perangkat desa tersebut sudah disosialisasikan kepada kepala desa serta kecamatan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pendaftaran calon perangkat desa dibuka pada 4-5 Agustus 2022 di desa masing-masing yang menggelar pengisian perangkat desa. Sementara, proses penyaringan atau seleksi digelar selama dua hari pada 23-24 Agustus 2022.

Agung menjelaskan jumlah total kekosongan ada 440 kursi pada berbagai posisi perangkat desa. Hal itu, seperti sekretaris desa, kepala urusan, kepala seksi, dan lain-lain. Kekosongan itu merata terjadi di 273 desa yang tersebar di 26 kecamatan.

“Itu untuk data kekosongan sementara. Karena belum semua desa melaporkan terkait kekosongan perangkat desa,” jelas Agung saat dihubungi Solopos.com, Minggu (24/7/2022).

Camat Manisrenggo, Raharjo Budi Setiyono, mengatakan sudah ada sosialisasi terkait kekosongan perangkat desa. Termasuk tahapan dan jadwal proses pengisian.

“Ada 17 jabatan perangkat desa di Manisrenggo yang kosong,” katanya.

Secara umum, proses seleksi perangkat desa tak berbeda jauh dengan pengisian perangkat desa sebelumnya atau pada 2018 lalu. Pengisian dan pengangkatan perangkat desa tersebut diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Klaten No 30 tahun 2022 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cegah Longsor di Bukit Bintang, Bahu Jalan Akan Diperkuat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement