Advertisement

PLN Lanjutkan Perjuangan Melistriki Tiga Pulau di Karimunjawa

Media Digital
Sabtu, 23 Juli 2022 - 08:57 WIB
Bhekti Suryani
PLN Lanjutkan Perjuangan Melistriki Tiga Pulau di Karimunjawa Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PLN yang diwakili oleh General Manager PLN UID Jawa Tengah & D.I Yogyakarta, M. Irwansyah Putra dengan Pemerintah Kabupaten yang diwakili oleh Penjabat Bupati Jepara, Edy Supriyanta bertempat di Ruang Command Center Kantor Bupati Jepara, Kamis (21/7 - 2022).

Advertisement

Jepara, 22 Juli 2022 - PT PLN (Persero) melanjutkan tongkat estafet pengelolaan kelistrikan di Pulau Parang, Genting, dan Nyamuk, Kecamatan Karimunjawa, Jawa Tengah dari yang sebelumnya dikelola Pemerintah Kabupaten Jepara.

Serah terima pengelolaan ini ditandai dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara PLN yang diwakili oleh General Manager PLN UID Jawa Tengah & D.I Yogyakarta, M. Irwansyah Putra dengan Pemerintah Kabupaten yang diwakili oleh Penjabat Bupati Jepara, Edy Supriyanta bertempat di Ruang Command Center Kantor Bupati Jepara, Kamis (21/7/2022).

Advertisement

Dalam kesempatan ini Irwansyah menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat terutama Pemerintah Kabupaten Jepara atas terwujudnya kesepakatan ini.

“Berawal dari dialog dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di mana beliau berharap kedepan PLN dapat mengambil alih kelistrikan yang handal kepada ketiga pulau di Karimunjawa, kami siap melanjutkan perjuangan Pemkab Jepara tersebut. Dengan serangkaian koordinasi dan diskusi internal dan vertikal, serta dukungan dari berbagai pihak, hari ini inisiasi tersebut dapat menjadi kenyataan,” terang Irwansyah dalam sambutannya.

Untuk memastikan listrik dapat dinikmati oleh seluruh warga di ketiga pulau tersebut nantinya PLN akan membangun infrastruktur kelistrikan seperti pembangunan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sehingga pasokan listrik menjadi lebih handal. Pembangunan ini rencananya sudah dapat dimulai pada akhir bulan Juli ini.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa PLN akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat memberikan listrik yang handal, berkualitas, murah, dan tentunya mudah diakses bagi masyarakat di Pulau Parang, Genting dan Nyamuk. 

“Semoga apa yang kita pahami dan sepakati ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama warga Pulau Parang, Genting dan Nyamuk, dan semoga dengan potensi-potensi alam pulau ini, dengan support fasilitas kelistrikan yang sustain dan handal, dapat mendongkrak ekonomi dan popularitas pulau ini sebagai destinasi wisata baru,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini turut hadir Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa terlaksananya pengalihan pengelolaan kelistrikan di Pulau Parang, Genting, dan Nyamuk Kecamatan Karimunjawa ini akan menjadi tonggak bersejarah kelistrikan di pulau-pulau terluar. 

Ke depan ia berharap kelistrikan di pulau-pulau tersebut dapat disokong dari pembangkit EBT.

“Saya juga berharap, nantinya Karimunjawa akan dapat menjadi Green Tourism pertama di Jawa Tengah dengan mendapatkan suplai listrik yang menggunakan Energi Baru Terbarukan (PLTS) dan dengan berpindahnya Operasi dan Pemeliharaan Kelistrikan kepada PLN diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di sana dan industri pariwisata secara keseluruhan di Pulau Parang, Genting, dan Nyamuk Kecamatan Karimunjawa”, ungkapnya.

Senada dengan Irwansyah, PJ Bupati Kabupaten Jepara menyambut baik kerjasama dengan PLN ini, ia menyampaikan komitmen Pemkab Jepara dalam mendukung dan mengawal proses pengalihan pengelolaan kelistrikan kepada PLN. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada General Manager PLN UID Jateng & D.I. Yogyakarta atas support dan komunikasi yang baik sehingga pada akhirnya dapat terlaksana penandatanganan Nota Kesepahaman ini,“ ujar Edy.

Proses pengalihan pengelolaan kelistrikan di Pulau Parang, Genting, dan Nyamuk ini diharapkan akan mampu membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar dan industri pariwisata di Karimunjawa. Sebagai pengelola kelistrikan yang baru, PLN berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan terbaiknya di ketiga pulau tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement