Advertisement

Konsep Jalur Sepada Tol Jogja Solo, Gratis & Ada Pagar Pembatas 3 Meter

Taufik Sidik Prakoso
Rabu, 13 Juli 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Konsep Jalur Sepada Tol Jogja Solo, Gratis & Ada Pagar Pembatas 3 Meter Petugas memetakan area terdampak pembangunan Tol Jogja-Solo di Kadirejo II Purwomartani, Kalasan, Sleman, Selasa (18/8/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, KLATENTol Jogja Solo bakal dilengkapi jalur khusus sepeda yang akan digratiskan untuk pegowes. Konsepnya sudah dirancang secara matang sehingga tak mengganggu keamanan.

“Jalur sepeda dengan badan jalan tol terpisah. Di tol ada main road [jalan utama] kemudian ada ruang jalan paling kiri dan di sana berupa tanah dan rerumputan. Batas paling kiri dengan [pekarangan warga] itu ada tembok atau pagar berduri. Dari sana nanti dikurangi sekitar lima meter untuk jalur sepeda. Jadi nanti ada dua pagar untuk membatasi dengan tanah warga dan membatasi dengan main road tol,” kata General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Muhammad Amin, Senin (11/7/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Jalur Alternatif Sleman-Gunungkidul Ditarget Tersambung Tahun Depan

Pagar pembatas jalur sepeda di Tol Jogja Solo tersebut dibangun setinggi 2,5 meter hingga 3 meter yang digunakan untuk dua jalur.

Amin mengatakan ruas jalur khusus sepeda itu hanya di satu sisi jalan tol. Dari konsep awal, jalur khusus sepeda itu berada di sisi utara jalan tol.

Amin menjelaskan akses jalur sepada di Tol Jogja Solo bisa melalui titik awal atau titik masuk Jogja Solo di Kartasura. Rest area juga bisa menjadi akses masuk ke jalur khusus sepeda. “Masuk jalur khusus sepeda tidak bayar. Jalur tersebut khusus sepeda khusus,” ungkap dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement