Advertisement

Perajin Batik Ecoprint Klaten Dapat Realisasi Bantuan dari Sandiaga Uno

Galih Eko Kurniawan
Jum'at, 01 Juli 2022 - 18:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Perajin Batik Ecoprint Klaten Dapat Realisasi Bantuan dari Sandiaga Uno Menteri Sandiaga menggelar kunjungan ke Desa Wisata Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Keluhan perajin batik ecoprint di Desa Wisata Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah langsung ditanggapi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dengan bantuan peralatan pengembangan produksi.

Seorang perajin batik ecoprint, Hasti, di hadapan Menteri Sandiaga, menjabarkan mengenai sejumlah kendala dalam produksi batik ecoprint, seperti modal, bahan dan peralatan. Kendala yang membuat sejumlah perajin tidak melanjutkan produksi batik ecoprint.

Advertisement

“Awalnya perajin batik ecoprint ada 10 orang pak [Menteri Sandiaga] tapi sekarang berkurang karena ada yang kurang modal. Proses produksi batik ecoprint ini butuh bahan-bahan, alat serta promosinya. Kami sekarang yang bertahan ini mandiri,” ucap Hastin kepada Sandiaga, Jumat (1/7/2022).

Di Bugisan, Menteri Sandiaga menggelar kunjungan untuk melihat pameran beragam produk ekonomi kreatif. Mendengar keluhan Hastin, Sandiaga memberikan solusi untuk para perajin batik ecoprint agar tetap berproduksi dan terus berkembang.

“Alhamdulillah dalam waktu cukup singkat perajin bisa mendapatkan kebutuhannya,” ungkap Sandiaga. Dia langsung memberikan bantuan berupa peralatan produksi, di antaranya mesin jahit, kompor gas dan bantuan modal untuk membeli bahan-bahan.

Tidak hanya itu, Sandiaga juga akan membantu pasarkan produk kriya tersebut. Sandiaga menugaskan para perajin batik ecoprint untuk membuat 50 outer untuk dibawa ke malam puncak 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 di Jakarta.

Kunjungan Sandiaga ke Bugisan berkaitan dengan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa Wisata Bugisan Klaten masuk sebagai 50 desa/kampung wisata terbaik tahun ini.

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing global, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Desa Wisata Bugisan memiliki daya Tarik banyak peninggalan purbakala, salah satunya Candi Plaosan. Selain itu, Bugisan menawarkan nuansa alam pedesaan yang asri dan budaya masyarakat Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak, 5 Kambing Hilang dalam Semalam

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement