Advertisement

HUT DKI Jakarta ke-495, Anies Pimpin Upacara dengan Berbusana Betawi

Pernita Hestin Untari
Rabu, 22 Juni 2022 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
HUT DKI Jakarta ke-495, Anies Pimpin Upacara dengan Berbusana Betawi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Rabu (22/6/2022). JIBI - Bisnis/Pernita Hestin Untari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pada 22 Juni 2022 Provinsi DKI Jakarta merayakan ulang tahun yang ke-495. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan HUT tersebut di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) dengan mengenakan pakaian Betawi.

Dia hadir didampingi oleh istrinya Fery Farhati. Anies terlihat mengenakan pakaian adat Betawi baju demang atau baju ujung serong. Dia memadukan jas dan celana berwarna hitam.

Advertisement

Anies juga mengenakan peci berwarna senada, dan kain khas betawi bercorak hijau dikenakan geometris di bagian pinggang sampai di atas lutut.

"Lapor upacara peringatan Hari HUT ke-495 tahun 2022 siap dimulai," kata Perwira Upacara Asisten Pemerintahan DKI Sigit Wijatmoko kepada Anies.

"Lanjutkan," jawab Anies.

Baca juga: Anies Baswedan Ganti Puluhan Nama Jalan di Jakarta Jadi Nama Tokoh Betawi

Upacara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta dan undangan. Upacara peringatan HUT Jakarta ini juga dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan istri, Ellisa Sumarlin.

Upacara diawali dengan parade devile yang terdiri dari perwakilan Abang None Jakarta. Kemudian, beberapa perwakilan dari lembaga Pemerintah DKI Jakarta yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kebudayaan (Disbud), Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub), serta Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan.

Ada pula perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kepulauan Seribu, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Advertisement

Parade devile dilanjutkan dengan pasukan kuning yang merupakan petugas di bawah naungan Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Tak ketinggalan pasukan hijau atau petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) dan Pasukan biru yang merupakan petugas di bawah Dinas Sumber Daya Air (SDA). Kemudian, pasukan oranye yang merupakan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU). Terakhir, ada pasukan Satpol PP, Kepolisian RI, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Ulang Tahun Jakarta atau Jakarta Hajatan akan dilanjutkan dengan Sidang Sidang Paripurna peringatan HUT Ke-495 DKI Jakarta di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI.

Advertisement

Juga, rapat kerja gubernur dengan para pimpinan wilayah penyangga Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabekpunjur). Acara Jakarta Hajatan ditutup dengan dengan malam resepsi yang digelar di Balairung Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Aksi Generasi Muda dalam Macapat Senja di Malioboro

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement