Advertisement

Persediaan Hewan Kurban di Temanggung Mencukupi

Jumali
Senin, 20 Juni 2022 - 16:27 WIB
Jumali
Persediaan Hewan Kurban di Temanggung Mencukupi Panitia penyembelihan hewan kurban di Musala Nurul Huda Banguntapan pada Selasa (20/7/2021) mengenakan apron, masker hingga sarung tangan lateks untuk mendukung proses selama penyembelihan. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Persediaan hewan kurban menghadapi Idul Adha 1443 Hijriah di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mencukupi.

"Kalau untuk memenuhi kebutuhan di Kabupaten Temanggung sendiri lebih dari cukup meskipun sekitar 200-an ekor sapi di Temanggung saat ini terserang penyakit mulut dan kuku (PMK)," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto, dikutip dari Antara, Senin (20/6/2022).

Advertisement

Ia menyebutkan populasi ternak sapi di Kabupaten Temanggung sekitar 42.000 ekor, kemudian kambing/domba sekitar 480.000 ekor.

"Berdasarkan data penyembelihan hewan kurban tahun lalu di Kabupaten Temanggung sekitar 1.200 ekor sapi, jadi persediaan lebih dari cukup," katanya.

Ia berharap masyarakat Temanggung untuk membeli hewan kurban di Temanggung saja, tidak usah mencari ternak dari luar daerah karena masih mencukupi.

"Apalagi dalam situasi seperti ini, kalau sapi dari wilayah sendiri lebih aman, insyaallah kami bisa membantu memeriksa hewan yang mau dibeli sehingga bisa diketahui kondisinya," katanya.

Seperti diketahui pada 9-22 Juni 2022 sejumlah pasar hewan di Kabupaten Temanggung ditutup sementara untuk mencegah penyebaran PMK.

Petugas gabungan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Kodim 0706, dan Polres Temanggung melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah pasar hewan yang ditutup.

"Supaya penyakitnya tidak menyebar dalam rangka penutupan pasar hewan ini, kami lakukan penyemprotan disinfektan di setiap pasar hewan," kata Joko.

Ia menuturkan pasar hewan tidak sekadar ditutup kemudian dibiarkan, tetapi waktu kosong tersebut dimanfaatkan untuk penyemprotan disinfektan dengan harapan nanti saat pasar dibuka kondisinya sudah steril.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement