Advertisement

Nama Prabowo dan AHY Tak Muncul dari Daftar Capres Usulan NasDem

Szalma Fatimarahma
Kamis, 16 Juni 2022 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
Nama Prabowo dan AHY Tak Muncul dari Daftar Capres Usulan NasDem Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di DPP Partai Nasdem, Jakarta, Rabu (1/6/2022). Pertemuan yang berlangsung hampir lima jam tersebut salah satunya membahas mengenai kemajuan bangsa dan negara. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A - nz

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) absen dari daftar kandidat calon presiden (capres) yang diusulkan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Willy Aditya menilai bahwa hal itu terjadi karena DPW dari 34 provinsi tersebut memiliki keinginan untuk tidak mencalonkan tokoh yang terlalu dominan di suatu partai politik. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Pertimbangannya lebih kepada asosiasi yang sangat kental dengan partai tertentu sehingga itu menjadi preferensi bagi teman-teman wilayah untuk tidak menyebut kedua nama tadi,” jelas Willy kepada wartawan di JCC Senayan Jakarta, Kamis (16/6/2022). 

Meskipun demikian, Willy tidak memungkiri kenyataan bahwa Partai NasDem membutuhkan dukungan dari partai politik lainnya untuk dapat mengusung nama capres di pemilu 2024 mendatang. 

BACA JUGA: Kontroversi Mendag Zulkifli Hasan, Didamprat Aktor Hollywood Hingga Juara Obral Izin Pembukaan Hutan

“Kalau belum jodoh kan tidak mungkin kita kawin paksa, tapi nanti kita lihat nama-nama dari partai politik yang tertarik kemudian kita membangun koalisi bersama-sama,” kata Willy. 

Di sisi lain, nama Anies Baswedan yang merupakan tokoh independen malah mendapatkan dukungan tertinggi dalam Rakernas NasDem hari ini. 

Adapun hanya wilayah Papua Barat dan Kalimantan Timur yang tidak memutuskan untuk memilih Gubernur DKI Jakarta tersebut. Hal itu menjadikan Anies berhasil mengantongi 32 suara secara total. 

Advertisement

Berada tepat di belakang Anies, Ganjar Pranowo disebut sebagai tokoh terfavorit kedua dalam daftar usulan capres Rakernas NasDem 2022. 

Namun seperti yang kita ketahui, Ganjar merupakan kader dari partai banteng yaitu PDI Perjuangan. 

Menanggapi hal itu, secara tegas Willy menyampaikan bahwa hingga saat ini pihaknya masih belum berkomunikasi secara lebih lanjut dengan para kandidat tersebut, terkait kesedian mereka untuk bernaung di NasDem. 

Advertisement

“Berbicara proses politik terkait apakah dia akan dinasdemkan atau tidak, itu bukan menjadi target NasDem. Tentunya target kita adalah untuk menang.”

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pemda DIY Akan Perbanyak Event Olahraga untuk Beri Ruang Bagi UMKM

Jogja
| Senin, 28 November 2022, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement