Advertisement

Masuk Tahap Pengadaan Tanah, Titik Lokasi Tol Jogja-Bawen Ditetapkan

Arief Junianto
Rabu, 08 Juni 2022 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Masuk Tahap Pengadaan Tanah, Titik Lokasi Tol Jogja-Bawen Ditetapkan Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Bupati Magelang yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Nanda Cahyadi Pribadi bersama Jajaran Forkompimda menghadiri rapat koordinasi pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan ruas Jalan Tol Jogja-Bawen di Hotel Artos, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022).

Nanda menyampaikan bahwa tahapan-tahapan untuk pelaksanaan pembangunan ruas jalan tol Jogja-Bawen sudah mencapai fase pengadaan tanah.

Advertisement

BACA JUGA: Ganjar & Luhut Bahas Penanganan Rob & Distribusi Minyak Goreng

Dengan begitu, penetapan lokasi pun sudah ditetapkan. Titik lokasi kecamatan, desa sampai dusun juga sudah ditetapkan.

Hal tersebut, kata Nanda, juga sangat disambut dengan baik oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang dengan hadirnya ruas Jalan Tol Jogja-Bawen.

"Kami harus bersyukur, tidak semua daerah otonom di Pulau Jawa ini atau di seluruh indonesia telah menikmati yang namanya jalan tol, mungkin baru terbatas berapa ruas atau beberapa daerah saja," ucap Nanda melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu.

Menurutnya, keberadaan jalan tol Jogja-Bawen akan berdampak strategis, sangat positif membuka dan mempermudah akses maupun koneksivitas. Terlebih Kabupaten Magelang masuk dalam destinasi superprioritas (Borobudur).

"Kami berharap masyarakat semuanya ikut mendukung, kami harap dari Bapak Camat, Kepala Desa mari sambut ruas jalan tol ini sebuah langkah besar dan strategis dari pemerintah untuk membantu mewujudkan masyarakat Kabupaten magelang lebih sejahtera," katanya.

BACA JUGA: Apa Isi Catatan Khusus Haryadi Suyuti yang Ditemukan KPK Saat Menggeledah Ruangan?

Sementara itu Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Magelang, Triyono melaporkan, tahapan-tahapan pengadaan tanah terdiri dari adanya perencanaan, persiapan dan pelaksanaan.

Saat ini kegiatan untuk pembangunan ruas jalan tol Jogja-Bawen telah memasuki tahapan pelaksanaan pembebasan tanah. Pihaknya telah menyusun pelaksana pengadaan tanah sekretariat Satgas A dan Satgas B yang akan melaksanakan rangkaian kegiatan pelaksanaan pengadaan tanah mulai dari inventarisasi dan identifikasi sampai dengan pembayaran ganti rugi kepada para pihak yang berhak.

"Kami mengharapkan kerja sama antara kita semua, sehingga program prioritas nasional ini berjalan dengan lancar dan dapat selesai sesuai rencana.

Diketahui, pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan ruas jalan tol Jogja-Bawen di Kabupaten Magelang terdiri dari 44 desa di tujuh kecamatan antara lain, Kecamatan Ngluwar, Muntilan, Mungkid, Candimulyo, Tegalrejo, Secang dan Grabag dengan total bidang hampir 7.000 bidang tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement